Desa-Sungaisebesi-lakukan-penyemprotan-disinfektan-kepada-warga-yang-pulang-dari-Malaysia
Kades Sungaisebesi, Nazarudin, saat melakukan penyemprotan disinfektan kepada warganya yang pulang dari Malaysia

Tanjungbatu – Hampir setiap hari pemerintah desa Sungaisebesi, Kundur, melakukan penyemprotan disinfektan atau cairan anti bakteri kepada tubuh warganya yang baru pulang dari Malaysia, di kantor Desa Sungaisebesi.

Hal itu dilakukan dalam upaya mencegah penyebaran virus korona, yang bisa saja ada menempel droplets infeksi covid-19 ditubuh atau pakaian disaat perjalanan.

Kepala desa Sungaisebesi, Nazarudin mengatakan, setelah dilakukan penyemprotan, disarankan juga untuk melakukan karantina mandiri selama 14 hari dirumahnya masing.

“Setelah disemprot, kita sarankan juga untuk melakukan karantina secara mandiri dirumahnya masing-masing selama 14 hari. Dan hal ini sudah menjadi tanggung jawab kita bersama untuk melakukan pengawasan dalam upaya memutus matarantai covid-19,” kata Nazarudin, Jumat (03/04/2020).

BACA :  Desa Sungaisebesi Meraih Gelar Juara Umum Lima Tahun Berturut-turut, Pada MTQ Tingkat Kecamatan Kundur

Masyarakat juga dimintanya untuk kooperatif, dan mengurangi kegiatan yang tak penting diluar rumah, mengingat angka yang terpapar baik didunia maupun di Indonesia sudah semakin bertambah.

“Kami pesankan kepada masyarakat, khususnya masyarakat Desa Sungaisesebesi, sayangilah keluarga anda dirumah, pulang dari luar daerah lakukan pembersihan, lakukan penyemprotan agar wabah tak tertular ke keluarga kita,” pinta Nazar.

BACA :  Desa Sungaisebesi Meraih Gelar Juara Umum Lima Tahun Berturut-turut, Pada MTQ Tingkat Kecamatan Kundur

Sekretaris desa Sungaisebesi, Yusfandi menambahkan, untuk melakukan pemantauan bagi warga yang pulang dari luar daerah atau dari Malaysia, pihak desa melibatkan RT, RW, Dusun dan semua warga desa untuk melakukan pengawasan.

“Pihak RT, RW, Dusun, dan warga desa yang mengetahui warga yang pulang dari luar daerah atau luar negeri agar dilakukan pencegatan, dan dilakukan penyemprotan anti bakteri terlebih dahulu ke kantor desa,” kata Yusfandi.

Seperti kita ketahui, ada ribuan TKI yang pulang dari Malaysia paska negara tersebut menerapkan lockdown. Ratusan dari mereka ada yang pulang ke Kundur.

BACA :  Desa Sungaisebesi Meraih Gelar Juara Umum Lima Tahun Berturut-turut, Pada MTQ Tingkat Kecamatan Kundur

Update data covid-19 dikutip dari www.worldometers.info/coronavirus pukul 08:03 WIB, Sabtu, 04/04/20, korban terinfeksi keseluruhan 1,097,810 orang, dengan rincian meninggal 59,140 orang,  sembuh 228,405 orang. Sedangkan Malaysia berjumlah 3,333 orang terinfeksi, 53 orang meninggal dan 827 orang sembuh.

Dikutip dari covid19.go.id, Indonesia diangka 1,986 kasus, 1,671 dirawat, 181 meninggal, 134 sembuh. Untuk di Kepri terkonfirmasi sebanyak 8 orang, meninggal 1 orang dan yang sembuh 0.*