Home Riau INHIL Jaga Wilayah Binaan Aman dari Karhutla, Babinsa Amal Bakti Giat Patroli dan Sosialisasi

Jaga Wilayah Binaan Aman dari Karhutla, Babinsa Amal Bakti Giat Patroli dan Sosialisasi

0
Jaga Wilayah Binaan Aman dari Karhutla, Babinsa Amal Bakti Giat Patroli dan Sosialisasi

Kateman — Upaya pencegahan terjadinya kebakaran hutan dan lahan Karhutla terus menerus dilakukan oleh Babinsa Koramil 06/Kateman, kodim 0314/Inhil kopda Abdul Haris bersama dengan warga binaan.

Kegiatan patroli Karhutla tersebut dilaksanakan oleh Babinsa kopda Abdul Haris bertempat di wilayah binaan kelurahan Amal Bakti, kecamatan Kateman, kabupaten Indragiri Hilir, pada Senin (01/5/2023) pagi.

Saat diwawancarai awak media melalui pesan singkat (WhatsApp-red) kopda Abdul Haris mengatakan kegiatan patroli Karhula tersebut merupakan rutinitas yang harus dilaksanakan agar masyarakat tidak melakukan pembuka lahan dengan cara dibakar.

“Iya saya (Babinsa Koramil 06/Kateman kodim 0314/Inhil) bersama masyarakat warga lainnya melakukan patroli untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat sehingga tidak terjadi pembakaran lahan,” kata kopda Abdul Haris.

Ia juga menjelaskan bahwasanya memasuki musim panas di kelurahan Amal Bakti sering terjadi kebakaran lahan-lahan, untuk itu melaksanakan patroli Bersama-sama dengan masyarakat, sehingga tidak terjadi kebakaran lahan. Mudah-mudahan lah masyarakat paham aturan pemerintah sangat dilarang membakar lahan dengan cara dibakar.

“Kita hanya memberikan edukasi Kepada Masyarakat bahwasanya tidak dibenarkan oleh pemerintah dalam membuka lahan dengan cara dibakar,” tandasnya.

Dia juga mengatakan dengan sosialiasi tersebut. Semoga masyarakat paham dan mengindahkan aturan pemerintah dengan tidak membuka lahan dengan cara dibakar.

“Kita hanya bisa memberikan pemahaman kepada masyarakat, semoga apa yang kita sampaikan ini bisa dipahami oleh masyarakat,” imbuhnya.

Terakhir dikatakan kopda Abdul Haris dalam pelaksanaan patroli Karhutla dan sosialisasi di kelurahan Amal Bakti kecamatan Kateman tidak ada ditemukan titik hotspot.

“Alhamdulillah pada hari ini kita melaksanakan patroli dan sosialisasi bersama warga tidak ada kita temukan titik api dan asap, mudah-mudahan kedepannya juga tidak ada titik api, sehingga wilayah binaan saya aman dan terkendali,” pungkas Kopda Abdul Haris.