Jajaran Kodim 0314/Inhil Melaksanakan Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-94,

Tembilahan – Jajaran Kodim 0314/Inhil melaksanakan upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-94, bertempat di Lapangan Ucapara Makodim 0314/Inhil, jalan A Yani, kecamatan Tembilahan Hulu, kabupaten Indragiri Hilir, Jum’at (28/10/2022) pagi.

Bertindak Selaku Inspektur upacara Komandan Kodim 0314/Inhil Letkol Arh M.Nahruddin  Roshid,S.E,M.Tr(Han) Dan selaku Komandan upacara Pasi Intel Kodim 0314/Inhil Lettu Inf Delmy Armansyah dan Perwira Upacara Pasi Pers Letda Arh Muhazar dalam upacara peringatan Sumpah Pemuda ini juga dilaksanakan Pembacaan UUD 1945, Pembacaan Sumpah Pemuda yang dibacakan Oleh Prajurit Pilihan Kodim 0314/Inhil juga dilaksanakan Pengibaran bendera Merah putih di lapangan upacara.

Dalam amanatnya Dandim 0314/Inhil Letkol Arh M.Nahruddin  Roshid,S.E,M.Tr(Han) membacakan langsung amanat Mentri pemuda dan olah raga Republik Indonesia yang digelar di lapangan apel Makodim 0314/Inhil

“Pada hari ini 28 Oktober 2022 kita bersama memperingati hari sumpah pemuda yang ke 94 dengan tema “Bersatu bangun bangsa” peringatan hari sumpah pemuda adalah upaya kita menghadirkan sejarah masa lalu untuk direnungkan dipelajari ditemukan kristalisasi pembelajaran kebaikan untuk dijadikan teladan dan inspirasi penggerak langkah menuju visi bangsa yang besar sumpah pemuda 28 Oktober 1928 memberikan pelajaran kepada kita bagaimana menyikapi perbedaan sikap primordial suku agama ras dan kultur,” ungkap Dandim Letkol Arh M Nahruddin Roshid.

Dandim juga mengungkapkan serta berbagai kepentingan menjadi kekuatan bukan sebagai faktor yang melemahkan sejarah telah menjelaskan bahwa pilihan pemuda waktu itu telah menjadi tonggak kuat menuju kemerdekaan peran pemuda dalam memelopori membangun visi kebangsaan dengan sumpah pemuda 1928 yang diikuti dengan rangkaian pergerakan-pergerakannya telah mengantarkan kepada proklamasi kemerdekaan Indonesia peran pemuda telah tercatat dengan tinta emas sepanjang masa.

Menurutnya peringatan hari sumpah pemuda ini selalu memiliki arti penting karena ancaman-ancaman terhadap kesatuan Indonesia selalu ada bersamaan dengan cita-cita mewujudkan kejayaan Indonesia tema peringatan hari sumpah pemuda saat ini adalah bersatu bangun bangsa tema ini memberikan pesan mendalam bahwa bersatu padu adalah harga mati yang harus dikeluarkan untuk membangun ketangguhan dengan ketangguhan dan persatuan menjadi kekuatan untuk melakukan pembangunan peradaban yang unggul sebagai eksistensi bangsa Indonesia tema ini menjadi pengejawantahan nilai agung sumpah pemuda dalam konteks kekinian dan yang akan datang.

“Inilah yang menjadi tekad kita untuk meneruskan perjuangan kemerdekaan mewujudkan cita-cita pada saat ini dan sepanjang masa semangat untuk selalu bersungguh-sungguh membangun Indonesia yang merdeka berdaulat bersatu adil dan makmur secara dinamis sesuai konteks lingkungan strategis yang selalu berubah,” tandasnya.

“Kita patut bersyukur, melihat pemuda Indonesia telah menunjukkan banyak capaian prestasi di berbagai bidang yang membanggakan, baik pada level nasional maupun level internasional. Hal ini menjadi modal untuk membangun keunggulan Indonesia di masa yang akan datang, namun kita juga khawatir bahwa pemuda Indonesia masih menghadapi ancaman pengangguran dan keterpurukan dalam tindakan destruktif yang tidak menguntungkan,” jelas Dandim.

Terhadap situasi tersebut, maka upaya pemberdayaan dan pengembangan pemuda menjadi kreatif inovatif kolaboratif dan mandiri serta karakter mulia perlu dikembangkan, agar pemuda dapat menghadapi situasi yang tidak menguntungkan dan mampu mencapai prestasi tinggi.

“Akhirnya marilah kita jadikan momentum peringatan hari sumpah pemuda ke 94 ini sebagai momentum untuk meningkatkan semangat kita bersama membangun bangsa. Semoga Tuhan yang maha esa, Allah yang maha kuasa senantiasa memberikan kekuatan kepada kita bersama untuk mampu membangun persatuan bangsa dan menggapai cita-cita kejayaan Indonesia,” pungkasnya.

Turut hadir dalam upacara seluruh perwira staf Danramil 03/Tempuling danramil 12 Batang Tuaku seluruh bintara dan tamtama serta honorer kodim 0314/Inhil.*

Previous articleCamat Kota Kisaran Timur Sambut Rombongan Tim Penilaian Pelayanan Terbaik Kabupaten Asahan
Next articleTidak Hanya Kecamatan Kateman, Tempuling Sudah Cetak Akte Dan Rekam KTP-el