Jumlah Pemilih Pemula di Karimun Capai 20 Ribu

KARIMUN – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Karimun, Ahmad Sulthon mengatakan, jumlah pemilih pemula pada Pemilu 2019 menadtang di Kabupaten Karimun mencapai 13 persen dari data 183.998 jumlah Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4).

“Angka pastinya dari 13 persen berkisar 20.000 orang lebih dan itu yang terdapat pada data yang diserahkan kepada kami,” kata Sulthon, Rabu (18/4).

Menurutnya, jumlah tersebut bisa saja bertambah karena di lapangan akan ditemukan data masyarakat yang berhak menggunakan hak pilihnya belum melakukan perekaman e KTP atau Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik.

Terhadap pemilih pemula, KPU juga telah melakukan sosialisasi sejak tahun 2017 kemarin. Untuk tahun ini dan menjelang pelaksanaan Pemilu 2019 mendatang, KPU Kabupaten Karimun juga akan semakin gencar melaksanakan sosialisasi kepada pemilih pemula di sekolah-sekolah dan lingkungan masyarakat.

“Potensi pemilih pemula di Kabupaten Karimun cukup besar. Karena pemilih pemula itu tidak saja diartikan anak muda yang baru berusia 17 tahun saja. Tapi orang yang baru pertama kali mau menggunakan hak pilihnya, seperti pensiunan TNI dan Polri juga sudah punya hak pilih. Itu dikategorikan pemilih pemula,” tutup Sulthon.(*)