Kapal-Pembersih-Pesisir-Mulai-Dioperasikan
Kapal Pembersih Sampah Kabupaten Karimun

Kundur News – KARIMUN – Bupati Karimun Aunur Rafiq meresmikan pengoperasian satu unit kapal pembersih untuk membersihkan sampah di wilayah pesisir Pulau Karimun, Kamis (19/10) di Coastal Area.

BACA: Dinas Kebersihan Kumpulkan Petugas Kebersihan Untuk Basmi Sampah

“Untuk sementara kapal kebersihan ini masih sewa, mudah-mudahan kita bisa mengalokasikan anggaran untuk pengadaan kapal kebersihan. Karena kalau sewa per bulannya Rp6 juta. Setahun jadi Rp72 juta dan kalau sudah tiga tahun sama harganya dengan satu kapal baru. Maka sebaiknya kita anggarkan untuk kapal baru,” ujar Rafiq.

Sedangkan wilayah pengoperasian kapal tersebut untuk sementara waktu masih sekitar Coastal Area sampai ke Puakang. Nantinya akan diperluas sampai ke wilayah pesisir Meral.

BACA :  Bupati Tinjau Layanan Drivethru dan Samsat Keliling

Rafiq menegaskan kepada masyarakat yang tinggal di wilayah pesisir untuk tidak membuang sampah dilaut. Meski telah ada petugas khusus yang membersihkan laut, bukan berarti seenaknya saja buang sampah di laut.

Kapal yang berkapasitas sekitar 6 GT tersebut dinakhodai satu orang dan empat orang lainnya merupakan petugas kebersihan yang akan memungut sampah dilaut. Nantinya dikumpulkan dan akan ada petugas khusus yang menjemput sampah dari kapal tersebut.*

Bekas Kantor Pelayanan Bea dan Cukai Tanjungbalai di Tanjungbatu di posisi depan pintu kedatangan pelabuhan Tanjungbatu.