Kapolres Karimun Berikan Tips Agar Tak Mudah Percaya Tentang Isu Penculikan Anak

Kapolres Karimun AKBP Ryky Widya Muharam

KARIMUN – Maraknya isu penculikan anak yang beredar di berbagai pesan singkat, grup whatsapp hingga media sosial lainnya di Kabupaten Karimun, Kapolres Karimun AKBP Ryky Widya Muharam memberikan beberapa tips bagi masyarakat agar tidak merugi dikemudian hari.

Diantaranya, masyarakat dihimbau agar tidak percaya begitu saja informasi yang didapat, dan harus mengetahui betul dari mana sumbe rinformasinya.

“Hendaknya lakukan cek dan ricek kepada sumber berita, apakah benar ada penculikan jangan sampai panik berlebihan, padahal hal tersebut tidak ada,” sebut Ryky Widya Muharam.

Ryky Widya Muharam juga menghimbau kepada seluruh orang tua, agar dapat lebih memperketat pengawasan terhadap anak di area publik, ajarkan anak agar tidak mudah terbujuk rayu, ajarkan anak menolak ajakan orang yang tidak dikenal, dan lakukan kerjasama dengan pihak sekolah agar memperhatikan anak dijemput oleh orangtuanya atau keluarganya.

Selain itu, kepada pihak sekolah, para kepala sekolah dan guru, harus memastikan anak dijemput oleh orang tuanya atau orang yang dikenali anak. Jika jam pulang sekolah anak masih belum dijemput, agar pihak sekolah melarang anak untuk keluar pagar sekolah dan tetap harus diawasi.

“Apabila ada informasi terkait adanya penculikan anak dan kekerasan terhadap anak, agar terlebih dahulu di cek kebenarannya dan apabila mendapat informasi atau mengetahui kejadian penculikan dan kekerasan terhadap anak, segera laporkan kepada kantor Polisi terdekat atau menghubungi Bhabinkamtibmas,” pungkasnya.(*)

Previous articleDukung Tugas Kodim 0314/Inhil, Bupati HM Wardan Serahkan 2 Mobil Serta Kukuhkan Perbakad 
Next articleBersama Warga Binaan, Praka Fiki Babinsa Koramil 06/KTM Giatkan Patroli Antisipasi Karhutla