Karimun-Terima-Penghargaan-Dari-Presiden-Sebagai-Kabupaten-Peduli-HAM

Kundur News – KARIMUN – Kabupaten Karimun mendapatkan penghargaan dari Presiden Joko Widodo atas penganugerahan sebagai daerah yang dianggap peduli terhadap Hak Asasi Manusia (HAM), sehingga berhal menderima penghargaan tersebut pada peringatan HAM sedunia ke 69 tahun 2017. Yang dihadiri langsung oleh Presiden Joko Widodo di Kota Solo, Minggu (10/12), di The Sunan Hotel Solo.

BACA: Empat Rekor Muri Disabet Kabupaten Karimun

Dalam kesempatan itu, Presiden Joko Widodo mengatakan, kewajiban dan tanggung jawab untuk melaksanakan perlindungan, pemenuhan, penghormatan, penegakan dan pemajuan HAM adalah tanggung jawab Pemerintah. Namun, kewajiban ini juga melekat di semua jajaran Pemerintah Daerah.

“Karena faktor luasnya wilayah dan jenjang pemerintahan, serta birokrasi, yang menyulitkan pemerintah pusat untuk dapat menjangkau warga masyarakat secara langsung, sehingga daerah diminta untuk turun tangan,” pinta Jokowi.

Jokowi juga meminta kepada pemerintah daerah untuk terus berperan aktif dan turut serta mengemban kewajiban menghormati, melindungi dan memenuhi HAM. Karena pemerintah daerah secara vertikal lebih dekat dengan rakyat.

Presiden juga mengatakan, pelaksanaan HAM telah teragendakan dengan jelas dalam Rencana Aksi Nasional Hak Asasi Manusia (RANHAM) 2015-2019, yang telah ditetapkan dengan Peraturan Presiden Nomor 75 Tahun 2015 dan Agenda ini perlu dukungan dari berbagai pihak.

“RANHAM tersisa dua tahun lagi, dan fokus sasaran Aksi HAM berikutnya adalah menitik beratkan dalam pemenuhan hak anak, hak perempuan, penyandang disabilitas, lanjut usia, hak masyarakat adat dan mengedepankan serta menjaga toleransi antar kelompok umat beragama, maupun antar kelompok sesama masyarakat,” katanya.

Sementara Wakil Bupati Karimun Anwar Haysim mengatakan, siap menjalankan perintah dari Presiden sebagaimana yang diamanatkan bahwa pemerintah daerah adalah perpanjangan tangan dari pemerintah pusat dalam menjalankan HAM di daerah masing-masing.

BACA: Isdianto Wagub Kepri, Nurdin Tak Hadiri Penetapan Isdianto

Kabupaten Karimun dalam hal ini, Kabupaten Karimun mendapatkan penghargaan dalam kategori peduli HAM 2016 dengan capaian nili  87.61 persen. Bersama dengan itu ada 232 Kabupaten Kota yang masuk kategori peduli HAM dan 84 Kabupaten Kota masuk kategori cukup peduli HAM.