kecamatan_buru_galakkan_potensi_pepaya_california

Kundur News – KARIMUN – Kecamatan Buru akan menggalakkan pertanian pepayan jenis California, karena sangat mudah dikembangkan dan tidak memakan waktu lama sudah dapat dipetik.

Camat Buru, Helmi mengatakan, potensi yang dimiliki Kecamatan Buru tidak hanya pada objek wisata dan hasil laut, tapi saat ini sudah mulai merambah kepada hasil bercocok tanam untuk meningkatkan pendapatan para petani setempat. Sehingga mulai digalakkan bertani Pepaya California.

Menurutnya, pengembangan potensi pertanian untuk buah Pepaya California sangat membutuhkan dorongan dan kerja bersama dari semua unsur, termasuk masyarakat dan pemeritah daerah.

“Metode penanaman dikemas dengan sistim tanaman keluarga, sehingga masing-masing warga punya penghasilan yang bisa meningkatkan taraf hidupnya. Pekarangan rumah yang luas bisa dimanfaatkan untuk menanam pepaya jenis California ini. Masa tanamnya tidak begitu lama dan banyak dimintati oleh konsumen,” kata Helmi, kemarin.

Untuk melakukan persiapan awal kata Helmi, pihak Kecamatan Buru sudah melakukan sosialisasi kepada para kelompok tani, pemuda dan pihak RT serta RW se Kecamatan Buru pada Kamis pekan lalu (4/5) di Kantor Camat Buru. Para petani sangat antusias dan tidak sedikit dari mereka menanyakan kapan program penanaman Pepaya California akan dimulai.

Munculnya ide penanaman Pepaya California menurutnya, berkat pertemuan antara pihak Kecamatan Buru bersama para RT RW dan kelompok tani. Sehingga sosialisasi tersebut merupakan tindaklanjut dari hasil pertemuan per triwulan, sehingga menghadirkan narasumber berkompeten dalam hal ini dari Dinas Ketahanan Pangan dan Kehutanan.

“Intinya penggalian potensi daerah sangat perlu dilakukan agar kita dapat memberdayakan masyarakat terutama di pedesaan,” ucapnya.*