Inhil – Dalam rangka meningkatkan mutu kualitas kearsipan, Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD), Kabupaten Indragiri Hilir, menggelar kegiatan sosialisasi pengelolaan kearsipan dinamis, di salah satu hotel di Tembilahan. Senin (15/3/21).

Sekretaris Daerah (Sekda) Inhil H Afrizal MP melalui Plt Asisten pertanian dan pembangunan kabupaten Inhil, Masdar dalam sambutannya menyebutkan, sangat menyambut baik penyelengaraan sosialisasi tersebut.

“Saya sangat menyambut baik dan mendukung sepenuhnya atas diadakannya sosialisasi pembinaan kearsipan yang di Taja oleh DPAD Inhil, dengan dapat menyatukan visi dan persepsi serta menambah wawasan para peserta di bidang kearsipan dan sekaligus mampu mengaplikasikannya di unit kerja masing-masing,” ujarnya.

Karena ke depan, lanjut Masdar, kemajuan informasi kearsipan semakin lama semakin meningkat sesuai dengan perkembangan zaman dan iptek pelaksanaan sosialisasi pembinaan kearsipan yang di selenggarakan hari ini memiliki makna strategis.

BACA :  Setelah Bimtek, KDPAD Inhil, H Yulizal Berharap Peserta Dapat Meningkatkan Minat Baca Kepada Anak

“Bila kita merenungkan kembali tentang arti sebuah arsip merupakan suatu mata rantai dari sebuah organisasi dan apabila rantai tersebut putus maka organisasi akan kehilangan pedoman perkantoran, sehingga ke depan dengan dijalankannya manajemen perkantoran yang baik, OPD akan mampu menyajikan yang benar sehingga dapat melaksanakan layanan prima di bidang kearsipa,” tuturnya.

Informasi dan akurat, namun, semua melakukan pada kenyataannya belum pelaksana kearsipan di OPD penataan arsipnya sesuai pedoman/peraturan perundangan-undang di bidang kearsipan yang berlaku,

Sehingga pengelolaan kearsipan di OPD belum berjalan sesuai harapan.
Fungsi lembaga kearsipan daerah kabupaten Indragiri hilir, saya harapkan juga dapat lebih maksimal dalam penyelamatan dan pengelolaan arsip, terutama arsip dinamis sebagaimana yang diamanatkan dalam UU no 43 tahun 2009 tentang kearsipan.

BACA :  Tim Juri Lomba Perpustakaan Tingkat Provinsi Tinjau Peserta Lomba

“Kearsipan Program pembinaan dilakukan untuk memberikan pembinaan di bidang kearsipan secara rutin, sehingga OPD dapat diterapkan secara tepat dan pengelolaan kearsipan di masing-masing optimal serta dapat memberikan hasil yang bermanfaat bagi organisasi,” jelasnya.

Dari sosialisasi ini saya harapkan dapat meningkat, oleh karena itu sasaran pemahaman dan kesadaran staf tentang arti pentingnya arsip serta kemampuan melakukan pengelolaan arsip bagi OPD pelaksana pembinaan kearsipan dituju kan kepada seluruh OPD di lingkungan pemerintah kabupaten Indragiri Hilir, Yang pada kegiatan ini ditargetkan sebanyak 25 OPD.

Selain itu peserta juga diharapkan dapat mewujudkan ketersediaan Arsip
Yang otentik dan terpercaya di setiap OPD, serta mendinamiskan sistem kearsipan sesuai dengan prinsip kaedah dan standar kearsipan nasional yang handal.

BACA :  Majukan Literasi dan Taman Bacaan, Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Luncur Inovasi "TALI SERAT"

“Sekaitan dengan hal tersebut saya mengharapkan kepada para peserta sosialisasi, agar mengikuti kegiatan ini tekun dan sungguh-sungguh, setelah selesai sosialisasi diharapkan meningkatkan kepedulian dan dalam melaksanakan kearsipan di unit kerja masing-masing,” tukasnya.

 

Dengan adanya sosialisasi pembinaan kearsipan ini, para penanggung jawab kearsipan di unit kerja hendaknya, dapat lebih meningkatkan pengelolaan dan penataan arsip secara profesional.

“Bismillahirohmanirahim”, kegiatan pengelolaan arsip dinamis Daerah kabupaten kota sub kegiatan penciptaan dan penggunaan arsip dinamis kabupaten Indragiri Hilir tahun 2021 secara resmi di buka,” imbuhnya.*

Previous articleDisulut Api Cemburu, Korban Pembunuhan Diduga Salah Sasaran
Next articleGedung TK Cahaya Mata Bantuan PT Timah, Lahirkan Ratusan Alumni