Sekitar 600 warga mengikuti Salat Istisqa untuk memohon kepada Allah SWT agar diturunkan hujan. Salat tersebut digelar di halaman Kantor Wilayah Kementerian Agama Kota Pekanbaru, di Jalan Arifin Achmad, Rabu (8/7).

“Seperti yang kita ketahui bahwa tidak ada hujan turun dalam beberapa bulan terakhir ini yang menyebabkan mulai gersangnya tumbuh-tumbuhan juga kebakaran lahan dan hutan. Untuk itu kita melaksanakan salat Istisqa,” ujar Masril selaku Koordinator salat Istisqo.

Dikatakan Masril, salat Istisqa bertujuan sebagai upaya untuk meminta hujan di Kota Pekanbaru. Salat tersebut diimami oleh Ustaz Khoirul imam dari Kecamatan Rumbai, Pekanbaru. Sedangkan yang bertindak sebagai khatib adalah Dr H. Rafani Parinipu.

Sekitar 600 orang yang menjadi jamaah salat tersebut yang dimulai sekitar pukul 08.00 hingga 09.30 WIB. Mayoritas jamaah mengikuti salat tersebut dengan mengenakan pakaian warna putih.

“Kegiatan itu juga diikuti oleh belasan Dai dan Ustaz dari Majelis Dakwah Islamiah Kota Pekanbaru. Selain itu, sejumlah siswa Madrasah dan warga sekitar juga ikut meramaikan kegiatan tersebut,” kata dia.

Menurut Masril, tujuan dilaksanakan salat istisqa yaitu untuk melaksanakan perintah agama, apabila ada semacam bencana seperti tidak turunnya hujan yang disebabkan oleh ulah manusia yang semakin jauh dari Allah SWIT.

“Ini karena memang manusia saat ini semakin jauh dari Allah, maka dari itu marilah kita semua melakukan intropeksi diri dan bertaubat kepada Allah. Jika masih ada yang belum taubat, maka itulah penghalang hujan turun di kota ini,” terangnya.

Seperti diketahui bersama, Provinsi Riau kini sedang dilanda musim kemarau yang memicu kebakaran lahan dan hutan. Dalam sepekan terakhir polusi asap dari kebakaran terus menyelimuti udara sehingga kualitas udara menurun.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Riau, Edward Sanger, yang turut hadir usai salat berharap agar doa ratusan warga tersebut bisa dikabulkan oleh Allah SWT.

“Semoga menjadi inspirasi bagi daerah lain yang kekeringan untuk meminta hujan melalui salat Istisqa,” kata Edward.

+

Sumber : Merdeka.com