Tembilahan – Kodim 0314/Inhil menggelar kegiatan Peringatan Nuzulul Qur’an bertempat di Mushola Al-Ikhlas Kodim 0314/Inhil, jalan.A.Yani, Kecamatan Tembilahan Hulu, Kabupaten Indragiri Hilir, Jum’at (08/04/2023) Malam.

 

Adapun tema pada kegiatan Nuzulul Qur’an ialah “Memaknai ibadah puasa Ramadhan untuk meningkatkan disiplin diri dan etos kerja prajurit”.

 

Kegiatan di awali dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh Ananda Riski Rachman dan Saritlawah oleh Ananda Anisa Permatasari.

 

Dalam kesempatan ini Dandim 0314/Inhil Letkol Arh M.Nahruddin Roshid,S.E.,M.Tr.(Han) menyampaikan dengan mengaktualisasikan nilai-nilai puasa Ramadhan Nuzulul Qur’an berguna mewujudkan TNI-AD yang kuat, solid, professional dan dicintai Rakyat. Semoga niat dan langkah jamaah sekalian dicatat sebagai amal baik dan mendapat tanggapan baik dari ALLAH SWT.

 

Nuzulul Qur’an merupakan peristiwa penting yaitu diturunkannya wahyu Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW berupa ayat-ayat suci Al Qur’an sebagai pedoman penuntun dan penerang umat manusia dalam menjalankan kewajiban dan menjauhi larangannya sehingga senantiasa hidup dalam kebenaran, kesucian dan kemuliaan Allah SWT.

 

“Kegiatan peringatan hari besar keagamaan seperti ini sangat penting dalam rangka mempertebal keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT melalui peringatan Nuzulul Qur’an, mari kita senantiasa mengagungkan Al Qur’an, membaca serta merenungi isi dari kandungan dari ayat-ayat Al Qur’an sebagai pedoman menjalani kehidupan,” ungkap Dandim Letkol Arh Nahruddin Roshid.

 

Semoga melalui peringatan Nuzulul Qur’an ini dapat menguatkan kembali tali silaturahmi dan persaudaraan antar sesama umat dengan menghindari segala bentuk permusuhan dan selisih paham serta perbedaan penafsiran karena pada dasarnya muslim adalah satu dan bersaudara.

 

“Semoga nanti apa yang disampaikan oleh penceramah Bapak Ustadz H. Syaiful Anwar sanggup kita amalkan dalam kehidupan sebagai Prajurit dan dalam kehidupan sehari-hari,” harapnya.

 

Acara dilanjutkan dengan mendengar Tausiah yang disampaikan oleh Ustadz H. Syaiful Anwar mengurai sejarah singkat tentang turunnya Al-Qur’an dan makna peringatan Nuzulul Qur’an.

 

Dengan memperingati Nuzulul Qur’an diharapkan dapat menambah pengetahuan dan penghayatan terhadap Al Qur’an serta dapat diaplikasikan dalam kehidupan pribadi, bermasyarakat maupun dalam pelaksanaan tugas sebagai anggota TNI-AD Khususnya Kodim 0314/Inhil dengan selalu mencerminkan sikap dan perilaku yang terpuji.