Home Riau INHU Koptu RH Tambunan Babinsa Desa Sungai Laut Laksanakan Patroli Karhutla 

Koptu RH Tambunan Babinsa Desa Sungai Laut Laksanakan Patroli Karhutla 

0
Koptu RH Tambunan Babinsa Desa Sungai Laut Laksanakan Patroli Karhutla 

Tanah Merah — Bintara Pembina Desa (Babinsa) desa Sungai Laut Kopral Satu (Koptu) RH Tambunan anggota Koramil 02/Tanah Merah, Kodim 0314/Inhil bersinergi dengan warga binaan melakukan patroli Karhutla bersama menyasar hutan-hutan.

Kegiatan patroli tersebut yang dilaksanakan oleh Babinsa Koptu RH Tambunan bertempat di desa Sungai Laut, kecamatan Tanah Merah, kabupaten Indragiri Hilir, pada Kamis (24/11/2022) pagi.

Koptu RH Tambunan, mengatakan dengan cara patroli menyasar hutan-hutan maupun perkebunan masyarakat dilakukan sehingga ancaman terhadap kebakaran dapat meminimalisir terjadinya bencana alam kabut asap.

“Kalau sudah terjadi kebakaran lahan, sangat susah untuk dipadamkan, apa lagi medannya sangat sulit, dan kesediaan sumber air sangat jauh, itu menjadi ancaman kebakaran menjadi semakin luas,” tegas Koptu RH Tambunan.

Menurutnya, kejadian berberapa tahun lalu bisa jadi pelajaran, karena di Riau sangat luar biasa bencana kabut asap sudah merambah ke negara tetangga, itu yang harus dikawatirkan tentang kebakaran.

“Kadang masyarakat mau yang instan untuk membuka lahan-lahan pertanian, main di bakar saja tanpa memikirkan dampaknya, jadi kita harus berhati-hati jangan ulah kita menjadi orang-orang terganggu karena mau yang mudah jadi berdampak begitu hebat,” tandasnya.

Terakhir, untuk memberikan efek jera pemerintah pusat sudah memberikan tegas kepada pelaku-pelaku pembakaran, dengan dipidana dan membayar denda.

“Jadikan itu sebagai perhatian kita sendiri, jagan malah tidak di indahkan Himbauan dan teguran, malah sudah ada larangan membakar di spanduk dan brosur-brosur yang di tempel di dinding-dinding sebagai media untuk Himbauan, jadi kita harus bersama-sama kampanye tentang larangan membakar, ayo Stop Karhutla,” tutupnya.