Jakarta – Seperti yang diketahui, bahwa dalam rangka percepatan pemenuhan kebutuhan telekomunikasi khususnya pada wilayah Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA) yang terdepan, terluar dan perbatasan serta termasuk wilayah strategis Nasional dan Perbatasan Negara, maka Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Anambas mempercepat terwujudnya program pemerintah indonesia yakni Merdeka Sinyal 2020 serta memenuhi pelayanan masyarakat dalam implementasi sistem penyelenggaraan pemerintah berbasis elektronik (SPBE).

Dalam hal ini pihak Gedung Telkom yang berada di Jl Gatot Subroto Kav 52 kuningan, Jakarta Selatan sangat mengapresiasi atas Kunjungan Kerja (Kunker) yang dilakukan oleh Komisi II DPRD Anambas yang diketuai oleh H Nur Adnan Nala, Jasril Jamal (Wakil Ketua), Yulius (Sekretaris), Muliady (Komisi III) bersama Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) KKA, Japrizal dan Kepala Diskominfo Provinsi Kepri, Zulhendri, Senin(09/12/2019), Pukul 09.00 WIB.

Kunker tersebut diawali dengan kunjungan ke Lighting Lab Smart City Nusantara yang bertujuan memperkenalkan semua produk telkom tercanggih dari yang lama hingga terbaru kepada Komisi II DPRD Anambas dan Pemerintah KKA.

Ketua Komisi II DPRD Anambas, H Nur Adnan Nala mengatakan didalam lab tersebut terdapat Produk atau Alat yang canggih untuk meningkatkan pelayanan masyarakat.

“Produk atau Alat yang dimiliki telkom seperti I-Puskesmas (pelayanan kesehatan, I-Desa (Pelayanan Kemasyarakatan), alat Pelayanan Pendidikan serta terdapat juga alat untuk melayani proses perdebatan misalnya dalam pembuatan Id Card,” terang Nala sapaan akrabnya.

Sedangkan untuk Merdeka Sinyal ditahun 2020 wilayah Anambas Pihak telkom bersama beberapa operator sudah menyusun perencanaan untuk membangun jaringan 4G khususnya diwilayah Jemaja, Teluk Durian, Putik dan beberapa wilayah juga sudah di pasang kabel serat optik melalui satelit palapa ring.

Pada kesempatan yang sama Kepala Diskominfo KKA, Japrizal menyampaikan pemaparan terkait beroperasinya PALAPARING BARAT yaitu Jaringan tulang Panggung serat optik nasional dan dirinya juga mengapresiasi serta berterimakasih kepada pihak telkom yang sudah menyediakan layanan indihome tv interaktif dan memperluas layanan dikecamatan siantan.

“Dengan adanya PT Moratelindo yang sedang membangun Tower
BTS dikecamatan Palmatak diBukit Bayar Teluk Durian dan di Desa Batu Berapi serta sekitarnya diharapkan dapat mempercepat dan memperluas layanan 4G LTE dalam memenuhi kebutuhan masyarakat dan Pemda juga bekomitmen dapat memenuhi pelayanan yang dibangun telkom khususnya dibidang pendidikan, kesehatan, pemerintah dan pemerintah desa,” ujar Japrizal.

Diakhir Kunker Komisi II DPRD Anambas melakukan Rapat dan Diskusi bersama Vice President Network dan Infrastructure Solution PT Telekomunikasi Indonesia Tbk(persero), Bastian Sembiring didampingi beberapa jajaran petinggi Telkom yang ada di Kepri.*

(Humas dan Protokol DPRD KKA/RZ)