Home Kepri Anambas Lanal Tarempa Siapkan Putara Putri Terbaik Anambas Untuk Menjadi Prajurit TNI Angkatan Laut

Lanal Tarempa Siapkan Putara Putri Terbaik Anambas Untuk Menjadi Prajurit TNI Angkatan Laut

0
Lanal Tarempa Siapkan Putara Putri Terbaik Anambas Untuk Menjadi Prajurit TNI Angkatan Laut

Anambas – Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Tarempa terus berupaya mencari dan merekrut putra putri terbaik kabupaten kepulauan Anambas untuk menjadi Prajurit TNI AL.

Para Komandan Posal dan Bintara pembina potensi maritim (Babinpotmar) dikerahkan oleh Komandan Lanal Tarempa untuk mensosialisasikan tata cara atau prosedur, kemudian menghimbau dan mengajak mereka untuk menjadi Prajurit TNI AL, hal tersebut dilaksanakan mulai dari sekolah-sekolah, tempat ibadah, perkumpulan remaja bahkan sampai mendatangi ke rumah- rumah di wilayah kerjanya masing-masing.

Setelah didapatkan para pemuda, baik Pria maupun wanita yang dianggap memenuhi syarat dan berminat, mereka akan diberikan pembekalan, namun sebelumnya terlebih dahulu diperiksa kelayakan fisik dan kesehataanya secara umum di Balai Pengobatan Lanal Tarempa, meliputi tinggi dan berat badan, kesehatan mata, gigi, penyakit kulit serta keadaan fisik secara umum.

Setelah dikonfirmasi, Komandan Lanal Tarempa, Letkol Laut (P) Yovan Ardhianto Yusuf, S. E., M. Tr. Opsla, mengatakan bahwa ” Kegiatan ini sengaja kami lakukan atas perintah Pimpinan, yang memberikan tanggungjawab kepada saya selaku Komandan agar mencari putra-putri terbaik di wilayah kerja masing-masing, dalam hal ini Lanal Tarempa tentunya di wilayah kabupaten kepulauan Anambas, hal tersebut juga selaras dengan perintah harian Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono agar membangun sumber daya manusia yang unggul dan profesional serta tangguh menghadapi segala ancaman”

“Kemudian Saya juga sudah perintahkan kepada seluruh Danposal beserta jajarannya terutama Babinpotmar untuk mensosialisasikan terkait tatacara atau prosedur agar dapat masuk dan bergabung menjadi prajurit TNI AL, untuk selanjutnya mendata anemo pemuda pemudi yang berminat, kemudian disiapkan dengan cara memberikan pembekalan secara fisik dan mental kepada mereka, sehingga diharapkan dari sekian perwakilan yang dikirim untuk mengikuti tes atau seleksi di tingkat pusat, akan lebih siap dan mampu bersaing dengan daerah lain sehingga akan lolos seleksi lalu mengikuti pendidikan akhirnya dapat menjadi prajurit TNI AL yang berkualitas dan dapat membanggakan keluarga, pemerintah kabupaten terlebih lagi kami Lanal Tarempa”.

Selain itu, Komandan Lanal juga menyampaikan bahwa dalam proses Rekrutmen, tidak dipungut biaya, ” Para orangtua atau yangbersangkutan sendiri, jangan khawatir masalah biaya, TNI AL dalam melaksanakan pengadaan personel, mulai dari saat proses seleksi sampai dengan pendidikan, tidak akan dipungut biaya, semua sudah ditanggung negara”

“Saya berharap dari sekian banyak Putra-putri di Anambas, akan selalu ada yang bisa lolos tes menjadi Prajurit TNI AL disetiap angkatan atau periode, baik strata Tamtama, Bintara bahkan Perwira. Jika ada yang berminat, silahkan datang ke Instansi TNI AL terdekat baik di Posal atau langsung ke Markas Komando Lanal Tarempa”. Tutup Danlanal.(Kamis/16/06/2022).

Sampai dengan saat ini, dalam pelaksanaan rekrutmen yang sudah dimulai beberapa waktu lalu, jumlah keseluruhan sementara sebanyak 26 orang, 17 orang dari kecamatan Palmatak dan kali ini Posal Memperuk mengirim calon untuk dipersiapkan sebanyak 9 (Sembilan) orang 7 orang Pria dan 2 orang wanita, seluruhnya berasal dari desa Munjan dan desa Nyamuk yang merupakan wilayah kerja Posal Memperuk.

Para calon tersebut berangkat dari Posal Memperuk menuju Mako Lanal Tarempa untuk melaksanakan pengecekan fisik dan kesehatan secara awal, menggunakan sarana Ferry milik Desa, didampingi oleh Komandan Posal dan Babinpotmar.

Besar kemungkinan bahwa jumlah calon peserta akan terus bertambah dari desa dan kecamatan lain di wilayah kabupaten kepulauan Anambas.*