pori pori wajah

+
Lazada Indonesia

+

Rasanya tak ada wanita yang menginginkan pori-pori wajah membesar.

Sebenarnya, pori-pori tidak benar-benar tumbuh atau menyusut. Pori-pori tampak lebih besar ketika sedang tersumbat. Faktor genetik, penuaan dini, serta komedo berkontribusi terhadap ukuran pori-pori.
Namun, jangan khawatir. Anda masih dapat meminimalkan kemunculan pori-pori besar di wajah dengan lima langkah berikut.

1. Exfoliating
Anda perlu melakukan exfoliating dua kali dalam seminggu untuk mengangkat sel kulit mati dan kotoran dari kulit. Jangan menggosok wajah terlalu kasar karena dapat mengakibatkan iritasi. Waspadai penggunaan scrub karena dapat memicu pori-pori semakin membesar.

2. Uap
Lakukan penguapan wajah seminggu sekali. Studi menunjukkan bahwa menguap wajah membantu membuka pori-pori dan menghapus sisa kotoran. Gunakan minyak esensial sebelum wajah diuapkan selama 5 menit. Setelah itu bilas dengan air hangat. Keringkan dengan cara ditepuk lembut hingga kering.

3. Masker wajah
Waktu terbaik menerapkan masker wajah adalah setelah diuapkan karena pori-pori sedang terbuka dan masker dapat meresap lebih dalam. Gunakan masker tanah liat untuk mengusir noda dan menyerap minyak berlebih. Masker tanah liat juga membantu mengecilkan pori-pori.

4. Gunakan witch hazel
Witch hazel berguna dalam mengurangi pori-pori serta menghilangkan residu dari kulit dan mengontrok sekresi minya.

5. Lidah buaya
Lidah buaya merupakan obat terbaik untuk mengurangi ukuran pori-pori. Lidah buaya memiliki sifat pengetatan secara alami. Oleskan gel lidah buaya ke wajah dan biarkan hingga kering. Baru setelahnya cuci dengan air dingin. (Sumarni/Boldsky)