Ungar – Launching Produk Tepung Sagu Sinar, yang ada di Kecamatan Ungar Kabupaten Karimun.

Launching tersebut merupakan hasil dari kerja sama antara Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian dengan Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau.

Kegiatan di dibuka oleh Kepala Dinas Ketahanan Pangan, pertanian dan Kesehatan Hewan Provinsi Kepri Mewakili plt Gubernur Provinsi Kepri, hadir juga Muhammad Rojali dari Badan Ketahanan pangan pusat dan Husnaini selaku asisten II Bupati Kabupaten Karimun, H Ing Iskandarsyah Selaku Ketua Komisi II DPRD Provinsi Kepri yang membidangi Perekonomian dan Keuangan. Launching diselingi juga dengan kegiatan Reses di Kecamatan Ungar.

Program Pengembangan Industri Produk Lokal (PIPL) Merupakan Program dari Badan Ketahanan pangan Kementerian Pertanian Republik Indonesia, yang kemudian Program tersebut disambut dengan baik oleh Iskandarsyah dalam mengembangkan Sumber Daya Nabati Lokal Seperti Hasil dari Pohon Sagu di Kecamatan Ungar, Kabupaten Karimun salah satunya.

Dalam sambutannya, Iskandarsyah menyampaikan, “sudah saatnya Ekonomi Berbasis Kerakyatan Bangkit di Provinsi Kepulauan Riau, dengan melihat kondisi geografis wilayah kepri sebagai daerah perbatasan dan Kepulauan, Kita harus mampu memanfaatkan potensi sumber daya alam yang tersedia dalam hal ini sumber daya sektor pertanian salah satunya hasil dari pohon Sagu dengan maksimal dan tepat dengan merangsang dan mendongkrak produktifitas pelaku usaha, salah satunya melalui pengembangan usaha dari sagu ini, ungkapnya. jika program produk sagu ini kita kelola dengan tepat maka KUKM di Daerah Kita akan tumbuh dan berkembang dengan baik,” kata Iskandarsyah, Kamis (12/12/19).

Pada kesempatan itu juga Iskandarsyah Mengusulkan agar Sagu menjadi salah satu Pengganti Beras, ‘One Day No Rice’ maksudnya satu hari dalam sepekan kita ganti Nasi dengan mengkonsumsi sagu, apabila program tersebut dijalankan dengan rutin maka akan membantu dan mendorong Peningkatan bagi KUKM dalam melakukan Produksi mereka. Hasil yang diharapkan terjadinya perputaran ekonomi bagi pelaku usaha lokal dan masyarakat setempat.

Tidak hanya itu, program tersebut diharapkan juga akan menjadi ciri khas daerah-daerah penghasil sagu di Provinsi Kepulauan Riau kedepannya. Berawal dari pengembangan produk sagu ini diharapkan akan menjadi kekuatan produk lokal dalam Ketahanan pangan di provinsi kepulauan riau. Semua harapan dan cita-cita tersebut tentunya tidak terlepas dari kerjasama dan sentuhan dari semua pihak.

Iskandarsyah

Dalam kesempatan tersebut juga diberikan bantuan berupa mesin Pengolahan sagu dan mesin pengeringan sagu kepada beberapa pelaku usaha pengolahan sagu di kecamatan Ungar, adapun Sumber Dana bantuan mesin pendukung pengolahan sagu ini bersumber dari dana Dekon yang dibantu oleh kementerian Pertanian RI Berkat kerja sama dengan Dinas Ketahanan Pangan dan pertanian Provinsi Kepri.

Harapan kedepan Semoga dengan bantuan mesin tersebut bisa merangsang Produktifitas Pengolahan sagu di pulau-pulau khususnya pada kesempatan ini di kecamatan ungar serta bantuan mesin tersebut bisa dirawat dengan baik agar berkelanjutan dan melahirkan pelaku-pelaku usaha lainnya, tutupnya.*