masjid-istiqlal

Kundurnews – JAKARTAMasjid Istiqlal menyediakan lahan parkir baik motor dan mobil bagi para jemaat Gereja Katedral yang ingin melaksanakan misa malam Natal di Jakarta Pusat. “Biasa memang setiap tahun memang digunakan parkir, agar tidak macet, hari Natal juga sama saja bisa parkir di area Istiqlal,” kata salah satu petugas penjaga parkir, Dwi, Sabtu (24/12) malam.

Terlihat jemaat Gereja Katedral masih ada berdatangan menyeberang keluar dari area parkir masjid menuju gereja. Lalu lintas jalan kawasan Lapangan Banteng atau Gereja Katedral menuju Juanda dan Pasar Baru, Jakarta, terpantau padat merayap hingga pukul 21.00 WIB. Berdasarkan pantauan, beberapa mobil yang terparkir di pinggir jalan Masjid Istiqlal dan sepanjang jalan hingga Pasar Baru membuat jalan menjadi menyempit.

Petugas Dinas Perhubungan dan Polisi Lalu Lintas terus sibuk melarang mobil dan motor berhenti menurunkan penumpang di sekitar gereja, agar tidak membuat macet. Lahan parkir Masjid Istiqlal juga diperuntukkan untuk parkir jemaat Gereja Katedral. Terkait jadwal ibadah Natal, jadwal digelar pada Ahad (25/12) terbagi pada pukul 06.00 WIB, pukul 07.30 WIB, pukul 09.00 WIB, pukul 11.00 WIB dan pukul 18.00 WIB.

Sementara itu, informasi dari Kepala Subbagian Humas Polres Metro Jakarta Pusat Komisaris Polisi Suyatno sebanyak 116 petugas gabungan dari Polri, TNI dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) mengamankan kegiatan misa malam Natal di Gereja Katedral.

“Jumlah personel bisa bertambah tergantung perkembangan di lapangan,” kata Kepala Subbagian Humas Polres Metro Jakarta Pusat Komisaris Polisi Suyatno.

Kompol Suyatno mengatakan petugas gabungan itu akan mengamankan ibadah misa Natal mulai Sabtu (24/12) hingga Ahad (25/12). Petugas akan memantau dan mengawasi kegiatan di sekitar Gereja Katedral guna mengantisipasi aksi mencurigakan selama proses ibadah misa Natal.

Pihak kepolisian menyiapkan alat pendeteksi logam (metal detector) untuk memeriksa setiap barang bawaan pengunjung gereja. Selain itu, anggota Satuan Brimob Polda Metro Jaya juga mensterilkan situasi dan kondisi dengan menyisir setiap sudut di Gereja Katedral.*

 

(antara)