Memperingati HLUN RSUD Puri Husada Tembilahan Sambangi Yayasan Pondok Bhakti Lansia 

Tembilahan – Memperingati Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN), Rumah Sakit Puri Husada (RSUD) kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) datang berkunjung ke Yayasan Pondok Bhakti Lansia (YPBL) Inhil, jalan Pekan Arba, gang Palila, Kamis (25/5/23).

 

Tujuan kedatangan pihak kesehata RSUD kabupaten Indragiri Hilir tersebut bersempena dengan peringatan HLUN yang di mana untuk mengetahui kesehatan lansia serta memberikan edukasi kepada pengurus dan pengasuh YPBL.

 

Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) setiap tahun adalah bentuk apresiasi pemerintah atas semangat jiwa raga serta peran penting para lanjut usia Indonesia dalam kiprahnya mempertahankan kemerdekaan, mengisi pembangunan dan memajukan bangsa.

 

Mengutip dari situs Kemensos, Hari Lanjut Usia Nasional 2023 adalah peringatan ke-27 dengan mengusung tema “Lansia Terawat, Indonesia Bermartabat”.

 

Adapun subtema Hari Lanjut Usia Nasional 2023 adalah peringatan ke-27 adalah Menyesuaikan tugas dan fungsi Kementerian atau Lembaga dan Pemerintah Daerah masing-masing.

 

dr. H Irianto. Sp. PD mengatakan bahwa tujuan pertama datang ke Yayasan Pondok Bhakti Lansia ialah menjalin silaturahmi sekaligus memberikan edukasi dan pengecekan kesehatan.

 

Dilihat dari keseluruhan semuanya sudah cukup baik, namun memang ada yang perlu dibenahi dan memenuhi kriteria dalam mengurus Lansia ini.

 

“Setelah kita melihat lansia ini banyak yang temukan ditemui kendala dan harus dibenahi baik itu, kesehatan, tempat tidur, dan lainnya. Untuk kita berharap kegiatan yang telah dilaksanakan ini dapat memberikan manfaat yang banyak untuk Yayasan Pondok Bhakti Lansia,” ucapnya.

 

Kemudian, dr. H Irianto. Sp. PD menyebutkan bahwa ada beberapa lansia yang harus melakukan pengecekan lebih lanjut di rumah sakit ataupun Puskesmas serta pemberian pemahaman kepada pengasuh saat memberikan obat kepada lansia.

 

“Kita melihat juga tadi ada lansia yang pendengaran nya terganggu, penglihatannya dan ini harus dilakukan tidak lanjut di RSUD ataupun puskemas. Kemudian juga obat-obat yang harus dikomsumsi oleh Lansia itu harus benar dan sesuai kebutuhan nya seperti vitamin, dan lainya,” tuturnya.

 

Selama kunjungan tersebut pihak kesehatan RSUD kabupaten Indragiri Hilir melakukan pengecekan Pendengaran, Gula darah, Tensi, dan katarak.

 

Sementara itu, Ketua Yayasan Panti Pondok Bhakti Lansia Yuliana Daud melalui Ade Indrawati mengucapkan terimakasih atas kunjungan dari pihak kesehatan RSUD kabupaten Indragiri Hilir.

 

“Semoga dengan kunjungan ini akan terus berlanjut dan tidak hanya sampai disini saja, karena memang nenek-nenek ini sangat senang jika ada orang-orang yang datang berkunjung apalagi sambil bercengkrama bersama-sama,” ucapnya.

 

Selain itu, Ade Indrawati yang akrab disapa Mak Ade ini menjelaskan saat ini Panti lansia baru saja pindah tentunya masih banyak yang harus dibenahi agar penghuni panti benar-benar merasa nyaman.

 

“Jadi kami berharap kegiatan seperti ini terus dilaksanakan mengingatkan nenek-nenek kami sagat rentan terhadap penyakit. Dan tak lupa juga saya ucapkan terimakasih banyak kepada pihak kesehata RSUD kabupaten Indragiri Hilir yang telah datang ke Yayasan Panti Pondok Bhakti Lansia. Semoga selalu diberikan kesehatan serta dilancarkan segala urusannya, aamiin,” imbuhnya.

 

Turut hadir dalam pelaksanaan tersebut ialah dr. H Irianto. Sp. PD, dr. Firman Nurdiansyah, Sp. THT, dr. Muhammad Iqbal, Sp. S dan Klinik Geriatri

Previous articleLepas 366 Jamaah Haji Asal Inhil, Bupati HM Wardan: Semoga Menjadi Haji yang Mabrur 
Next articleBupati Asahan Sampaikan Peran Penting Perempuan Dalam Pembangunan Saat Peringati Hari Kartini Ke-145