Home Featured Mencari Lebih Jauh Cara Pengolahan Sampah, TP-PKK Kuala Sebatu Berkunjung Ke Bank Sampah Di Pekanbaru

Mencari Lebih Jauh Cara Pengolahan Sampah, TP-PKK Kuala Sebatu Berkunjung Ke Bank Sampah Di Pekanbaru

0
Mencari Lebih Jauh Cara Pengolahan Sampah, TP-PKK Kuala Sebatu Berkunjung Ke Bank Sampah Di Pekanbaru

Inhil – Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Desa Kuala Sebatu, Ns. Asmawati S.Kep melakukan kunjungan ke Bank Sampah Dalang Colection yang dikelola Hj. Sovia Seffen di Pekanbaru, Riau beberapa waktu lalu.

Kunjungan ke Bank Sampah Dalang Colection ini sebagai upaya mencari referensi pengolahan sampah rumah tangga yang dapat didaur ulang.

Ns. Asmawati S.Kep mengatakan, kunjungan yang dilakukan ini bertujuan untuk mengedukasi dan memberikan pemahaman dalam mendaur ulang sampah rumah tangga.

“Kunjungan yang dilakukan ini bertujuan agar bisa mengedukasi bahwa sampah bisa bermanfaat lagi dengan 3R atau Reduce (Mengurangi Sampah), Reuse (Menggunakan Kembali) dan Recycle (Mendaur Ulang) agar bisa lebih bermanfaat,” ujarnya.

Selain itu, kunjungan yang dilakukan ini kedepannya diharapkan TP.PKK Desa Kuala Sebatu Insya Allah akan mengadakan pelatihan ke Dalang Collections, sehingga mampu menciptakan Ekonomi Creatif.

“Dengan ilmu yang kita dapatkan di Bank Sampah Dalang Colection Pekanbaru ini bisa dijadikan acuan. Ide-ide daur ulang sampah rumah tangga itu nantinya bisa kita terapkan atau kita ajarkan kepada ibu-ibu PKK. Dan harapan kami kedepannya ibu rumah tangga di Desa Kuala Sebatu ini memiliki penghasilan sendiri dan mampu meningkatkan perekonomian,” paparnya.

Sementara itu, secara terpisah, Ketua TP-PKK Kecamatan Batang Tuaka Misliani Rahelmi mengatakan sangat mengaprisiasi kegiatan yang telah dilakukan TP.PKK Desa Kuala Sebatu, dengan harapan pengolahan sampah tersebut dapat dicontoh dan diterapkan di Desa Kuala Sebatu untuk meningkatkan penghasilan ibu rumah tangga yang ada di desa.

“Banyak pengalaman dan bekal ilmu yang di dapat di sana, ternyata banyak sampah yang bisa kita manfaatkan untuk didaur ulang agar bisa menjadi barang yang kembali bisa digunakan dan dipasarkan di lapangan, sehingga bisa menambah penghasilan ibu-ibu yang mengerjakannya,” sebutnya

“Semoga kegiatan ini bisa menjadi contoh untuk Desa-desa lain, khususnya Kecamatan Batang Tuaka, saya berharap kegiatan ini tdak hanya sekedar kunjungan, tetapi bisa diterapkan dilingkungan Desa, Khususnya Desa Kuala sebatu, karna mengingat kegiatan ini sangat bermanfaat,” pungkasnya.*