Para menteri kabinet kerja Joko Widodo dan Jusuf Kalla resmi dilantik. 34 Menteri mengucapkan janji dan sumpah mengikuti ucapan Jokowi.

Acara pelantikan diawali dengan pembacaan Keputusan Presiden nomor 121P/2014 oleh staf Sekretariat Negara di Istana Negara, Senin (27/10/2014). Seluruh nama menteri pun disebutkan, diawali dengan Menteri Koordinator hingga para menteri di bawahnya.

Setelah itu, Jokowi memimpin pembacaan sumpah yang diikuti oleh para menterinya berdasar agama masing-masing. Berikut isi lengkapnya:

“Bahwa saya untuk diangkat pada jabatan ini langsung atau pun tidak langsung dengan nama atau dalih apa pun, tidak memberikan atau menjanjikan atau akan memberikan sesuatu kepada siapa pun juga. Bahwa saya untuk melakukan tidak melakukan sesuatu, dalam jabatan ini, tidak sekali kali menerima dari siapa pun juga, langsung atau pun tidak langsung sesuatu janji atau pemberian. Bahwa saya setia kepada Undang Undang Dasar 1945, dan akan memelihara segala undang-undang dan peraturan yang berlaku bagi negara republik Indonesia, bahwa saya akan setia kepada nusa dan bangsa, dan akan memenuhi segala kewajiban yang ditanggungkan kepada saya oleh jabatan ini.

Bahwa saya akan menjalankan tugas dan kewajiban dengan penuh rasa tanggung jawab kepada bangsa dan negara,” demikian sumpah yang diucapkan Jokowi lalu diikuti para menteri.