Source : UangOnline
Source : UangOnline

Mudik adalah salah satu kata yang kerap menjadi pembahasan dikala menjelang lebaran dan selepas lebaran. Karena melakukan aktivitas pulang kampung atau dikenal dengan istilah mudik adalah hal yang wajar dan lumrah bagi kebanyakan orang. Karena kebanyakan pekerja adalah orang-orang perantauan yang jauh dari kampung halaman.

Inilah momen besar seperti hari raya idul fitri menyebabkan masyarakat berbondong-bondong kembali pulang ke kampung halaman. Namun, mudik sendiri identik dengan macet dan banyaknya orang-orang. Ini akan menyebabkan perjalanan biasa yang tidak memakan banyak waktu kdang menjadi berkali-kali lipat lamanya. Alhasil? Lelah pastinya. Tenang, berikut tips mengatasi kelelahan akibat mudik yang kami rangkum di bawah ini.

1. Lakukan Peregangan

Pastinya perjalanan panjang yang melelahkan akan mebuat otot-oto dan sendi menjadi kaku. Baik menggunakan kendaraan pribadi maupun menggunakan kendaraan umum, tingkat kelelahan yang dirasakan akan tetap sama. Jadi hal pertama yang harus dilakukan adalah melakukan pergangan ringan.

Ketika anda sudah merasa sangat lelah, cobalah melakukan sedikit peregangan. Bahkan ini bisa dilakukan ketika masih didalam perjalanan. Karena sangat mudah dan memungkinkan melakukan peregangan ringan. Seperti merentangkan kedua belah tangan hingga anda merasa lebih enakanatau merentangkan dan meregangkan kaki.

2. Istirahat Cukup

Selama anda bukanlah sang sopir, maka anda tetap bisa terlelap selama di perjalanan, kecuali anda menggunakan sepeda motor. Usahakan untuk selalu mendapatkan kualitas istirahat yang cukup. Karena seharian diperjalanan tentunya akan menguras banyak tenaga anda. Jadi jika memungkinkan tidurlah didalam perjalanan. Anda bisa menggunakan supplemen agar bisa membantu tidur nyenyak walaupun sedang melakukanperjalanan jauh.

Baca Juga : Tradisi unik lebaran di Indonesia

3. Rehidrasi

Jika tubuh menjadi dehidrasi, maka ini akan menyebabkan kelelhan yang sangat parah. Efek dari dehidrasi sangat tidak baik bagi tubuh. Jadi pastikan selama perjalanan maupun telah sampai ketujuan anda tetap mencukupi asupan cairan. Ketahuilah bahwa 70% komponen tubuh kita adalah air. jadi jangan sepelekan kebutuhan air untuk rehidrasi tubuh anda. Jika perlu sediakanlah botol minum yang cukup untuk diperlukan selama perjalanan mudik.

4. Tukang Pijit

Ketika sudah selesai dan sampai ke daerah tujuan, tidak ada salahnya merileksasi otot anda dengan menggunakan jasa tukang pijit. Memijit otot adalah hal penting dalam mengembalikan kesegaran dan kesehatan badan selama diperjalanan anda tersebut. Jadi tidak perlu ragu untuk sesekali mencoba bantuan dari tukang pijit.

5. OlahRaga

Yuk, kembali menyehatkan tubuh dan menghilangkan penat selama perjalanan mudik dengan olahraga ringan. Tidak perlu sampai ke gym kok. Anda bisa melakukan senam ringan dirumah selama 15-30 menit. Hanya untuk kembali melenturkan dan mengendorkan otot yang tegang.

Jadi, siapkah anda untuk mengatasi kelelahan mudik tahun ini?*