12 Tradisi Unik Jelang Lebaran Yang Ditemukan Di Indonesia

source : DailySocial

Lebaran adalah hari suci yang ditunggu oleh semua umat Islam. Setelah menjalankan sebulan puasa, maka merayakan hari kemenangan akan terasa kian mengasyikkan. Tapi, di Indonesia ada 12 Tradisi unik menjelang dan ketika lebaran yang selalu dilakukan oleh para masyarakat. Apa-apa saja tradisi tersebut? pastinya beberapa diantaranya sering anda lakukan, loh.

1. Mudik

Ya, ini adalah tradisi unik dimana seminggu menjelang lebaran jalanan dan semua alat transportasi seperti pesawat, kereta api maupun bus akan ramai pengunjung. Dimana banyak para pemudik yang akan merelakan uang dan waktunya untuk pulang kekampung halaman dan berkumpul dengan sanak saudara. Istilah mudik adalah salah satu istilah yang kurang lengkap jika tidak disebutkan dalam tradisi lebaran kita.

2. Ziarah

Membersihkan makam dan melakukan ritual doa-doa akan sangat marak dilakukan ketika menjelang lebaran, setelah lebaran bahkan di awal penyambutan bulan puasa. Ini merupakan salah satu kebiasaan yang akan dilakukan oleh orang Indonesia.

3. Mempercantik Rumah

Mungkin salah satu tujuan mengapa banyak orang yang berbenah rumah serta mempercantik rumah seperti mengecat rumah karena ada banyak sanak saudara yang akan datang. Bahkan beragam tamu juga akan datang bersilaturahmi ketika lebaran tiba.

4. Kue

Ada banyak ragam kue kering yang akan dibuat oleh orang-orang di indonesia demi menyambut suka cita Lebaran. Bahkan tak jarang juga pada hari lebaran mereka akan membuat kue basah seperti bolu kukus, blackforest dan jenis kue lezat lain nya. bahkan tak jarang ada banyak yang sengaja memesan kue dari pembuat kue ternama.

Source : RumahMesin

5. THR

Tunjangan Hari Raya atau yang lebih dikenal dengan sebutan THR ini merupakan salah satu yang terkesan sangat wajib. Tidak hanya bagi karyawan bahkan sanak keluarga juga kadang ada yang akan memberi dan meminta THR.

6. Bertukar Makanan

Pada hari lebaran ada banyak masakan lezat yang dimasak banyak orang. bahkan tak jarang para tetangga akan mengadakan ritual bertukar makanan yang unik dan dilakukan oleh masyarakat Indonesia ini.

7. Takbir Keliling

Nah ini biasanya akan di lakukan pada malam sebelum lebaran, akan ada banyak masyarakat yang melakukan takbir keliling. Bahkan tak jarang mereka akan melakukan beragam aktraksi menarik dan memeriahkan suka cita lebaran.

8. Ketupat

Entah semenjak kapan, namun sepertinya ketupat adalah salah satu hidangan yang terkesan wajib dan selalu ada di meja makan setiap kali lebaran datang.

source : Tribunnews

9. Halal Bi Halal

Melakukan silaturahmi? Ini merupakan salah satu kegiatan yang akan terasa “asing” jika tidak dilakukan ketika lebaran. Lebaran adalah waktu untuk kembali mempererat hubungan silaturahmi sembari mencicipi bonus makanan dan minuman.

10. Salam Tempel

Nah, ini adalah tradisi yang amat disukai oleh anak-anak selama lebaran. Karena biasanya mereka akan mendapatkan amplop berisi uang ketika bersalaman dengan orang dewasa dan keluarga nya.

11. Baju Baru

Sudahkah anda membeli baju lebaran? eits, ini memang tradisi yang sudah mendarah daging dimana tidak hanya baju baru namun segala perlengkapan lebaran biasanya akan dibeli menjelang lebaran datang seperti mukena, sepatu, jilbab dan lainnya.

12. Bertukar Pesan Lebaran

Biasanya sehari menjelang lebaran atau pada hari lebaran akan ada banyak pesan singkat yang masuk yang menyatakan beragam variasi dari penyampaian mohon maaf lahir dan batin ala lebaran.

Nah, pastinya kamu pernah melakukan salah satu atau bahkan semua tradisi diatas bukan?*