source : FemaleDaily
source : FemaleDaily

Jerawat adalah masalah umum yang dikeluhkan oleh banyak orang. Karena tak jarang jerawat ini akan selalu hadir, datang dan muncul di tempat yang sama. Dan ini tentunya akan sangat menggaggu dan merusak penampilan. Namun, adakah cara mengatasi jerawat membandel ini? Tentunya ada, yuk kita simak 7 cara dan tips agar bisa menyembuhkan dan meminimalisir jerawat membandel berikut ini.

1. Kurangi Memegang Jerawat

Siapapun yang sedang berjerawat akan lebih cenderung ingin memegang bahkan ingin memencet jerawat mereka tersebut. Padahal, jerawat yang ada jika selalu dipegang dan dipencet maka akan kian meradang dan ini akan menimbulkan masalah baru. Bahkan jerawat yang dipencet tersebut akan menyebarkan bakteri ke daerah lain dan berpotensi menumbuhkan jerawat baru.

2. Aspirin

Ya, gunakan obat aspirin yang sudah dihaluskan serta campur dengan sedikit air hingga mengental dan ratakan ke wajah (seperti anda sedang melakukan maskeran). Tunggu beberapa saat hingga mengering dan meresap kedalam wajah setelah itu anda bisa mebilasnya dengan ir bersih.

3. Terapi Uap

Ini akan mebantu mebuka pori-pori yang tersumbat dan setelah itu mebersihkan kotoran yang menumpuk yang akan menjadi cikal bakal terbentuknya jerawat baru. Melakukan terapi uap ini tidaklah sulit. Salah satu cara termudah adalah dengan memanaskan air dan masukan ke dalam tempat atau wadah. Setelah itu arahkan uap ke muka anda, agar lebih terfokus tutupi muka anda dengan handuk.

Source : MediaShare

4. Alpha Hyroxy Acid

Ini adalah kandungan yang bisa anda dapatkan dari beberapa jenis buah seperti apel, anggur, jeruk dan gula tebu. Kandungan dari zat ini diklaim bisa membantu untuk mengangkat dan membuang sel kulit mati yang menutupi pori-pori penyebab jerawat.

5. Isoterotonin

Sering juga dinyatakan sebagai obat untuk mengatasi jerawat batu. Obat yang juga dikenal dengan istilah accutane ini adalah obat yang dikemas adalam bentuk pil yang mudah di gunakan dan dikonsumsi 1 hingga 2 kali setiap 5 harinya. Ini akan memperkecil resiko penyebaran dari jerawat batu dan mengurangi efek radang.

Cara basmi jerawat dengan bumbu Halba

Lawan Jerawat membandel dengan 5 makanan enak ini

Kebiasaan baik yang justru bikin jerawatan

 

6. Bersihkan Wajah

Gunakan pembersih wajah berbasis air agar tidak menyebabkan iritasi lebih lanjut dan bahkan menyebabkan jerawat lain yang kian meradang. Karena setelah beraktifitas harian apalagi menggunakan make up berat, maka jangan lupa untuk mebersihkan wajah sebelum anda beristirahat.

7. Makanan Sehat dan Make Up Ringan

Agar bisa mengurangi resiko timbulnya jerawat lanjutan maka jangan menggunakan produk make up yang terlalu banyak. Kurangi menggunakan baha-bahan kimia selama proses penyembuhan dan juga jangan lupa mengkonsumsi makanan sehat.

Nah, demikianlah 7 cara mengatasi jerawat mebandel yang akan menjadi tips mudah bagi anda mengurangi resiko timbulnya jerawat baru serta memperbaiki masalah jerawat yang sudah ada. Selamat mencoba!*