source : Picnewposts
source : Picnewposts

Lebaran tinggal menghitung hari, tidak terasa sudah hampir sebulan kita melakukan ibadah puasa. Namun, pertanyaan dasarnya adalah “sudahkah anda mepersiapkan segala seuatunya untuk lebaran kali ini?”. Memang tidak ada peraturan dan ketentuan dasar dalam bagaimana cara seseorang seharusnya dalam menyambut lebaran. Namun, ada beberapa kiat dan juga hal penting menyangkut tradisi yang seharusnya anda persiapkan menjelang lebaran. Apa-apa saja persiapan lebaran tersebut?

1. Baju Baru

Memang tidak melulu harus mebeli baju baru, namun salah satu hal yang terasa cukup meriah dalam menyambut datangnya lebaran adalah dengan adanya baju baru dan penampilan baru. Jika anda tidak memiliki baju baru juga tidak masalah. Anda bisa mensiasatinya dengan mencampur dan menggunakan baju lama yang masih terlihat baik dan rapi.

2. Membersihkan Rumah

Tidak lucu rasanya jika rumah masih dalam keadaan berantakan dan kotor apalagi jika itu adalah suasana lebaran nan suci. Lebaran identik dengan silaturahmi dan kunjungan. Jadi mebersihkan rumah akan sangat dianjurkan.

3. Bersihkan Toilet

Setali dan serangkai dengan keharusan mebersihkan rumah, toliet juga merupakan hal wajib yang harus diperhatikan. Karena akan ada banyak tamu yang datang selama lebaran dan tentunya beberapa akan cenderung menggunakan toilet, bukan?

4. Tukarkan Uang

Sudah pernah dengar istilah salam tempel bukan? Ya, ini pastinya sudah tak asing lagi didengar apalagi ketika lebaran. Tradisi unik meberikan amplop berisi uang kepada anak-anak ketika lebaran tentunya membuat anda akan menukarkan uang. Jadi sebaiknya siapkan dana untuk penukaran uang sebelum lebaran.

Source : Dream

5. Belanja Bahan Makanan

Karena nantinya pas hari lebaran akan ada banyak tamu-tamu yang datang bahkan tak jarang banyak keluarga jauh yang rela pulang demi mudik lebaran. Oleh karena itu tidak ada salahnya anda melakukan persiapan bahan makanan yang banyak dan lengkap untuk persiapan lebaran.

Karena pas lebaran sangat jarang sekali ada warung yang buka, dan akan menjadi lebih sulit jika anda tidak berbelanja kebutuhan sebelum lebaran. Caranya sangat mudah, buat saja daftar belanjaan jadi pasa anda sedang berbelanja anda tidak lagi lupa dan ketinggalan beberapa kebutuhan penting.

Tradisi unik jelang lebaran

Hidangan lebaran khas bugis

Resep kue kering lebaran

6. Siapkan Jajanan dan Kue Lebaran

Kue-kue kering? Ini adalah jajanan dan snack wajib yang rata-rata akan ada di setiap rumah ketika lebaran datang. Jadi persiapkan hal ini sebelum lebaran, ya!

7. Mencuci Peralatan Sholat

Anda tentunya diharuskan menggunakan pakaian dan peralatan sholat yang bersih untuk digunakan pas lebaran nanti. Nah, inilah mengapa sangat dianjurkan untuk mencuci dan mengeringkan semua perlengkapan sholat idul fitri.

Sudahkah anda mepersiapakna semua persiapan lebaran tersebut?*