45039067 - hand putting mix coins and seed in clear bottle on cityscape photo blurred cityscape ,business investment growth concept
Source : Halomoney

Menabung adalah hal yang sebaiknya diterapkan semenjak dini. Tahukah anda tentang istilah “sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit?” Ini merupakan istilah yang kerap digunakan untuk perumpamaan dalam menabung. Kebiasaan menabung akan membawa dampak postif bagi semua orang. Bagaimana tidak.

Menabung tidak hanya masalah hemat namun memiliki poin plus dimana anda bisa menikmati hasil dari tabungan tersebut di kemudian hari, bahkan jika ada beberapa biaya mendadak ini akan menjadi alternatif pembiayaan yang dibutuhkan. masalahnya adalah, tidak semua orang bisa menabung secara konsisten. Namun, kami telah menyediakan 8 solusi ampuh untuk permasalahan tersebut.

1. Temukan Sumber “Niat”

Semua orang pastinya memiliki niat dan tekad untuk menabung, namun, tanpa adanya sebuah sumber yang akan terus memotivasi maka ini juga akan bertahan sementara dan berakhir dengan perjuangan yang sia-sia. Jadi, solusi terbaik nya adalah dengan menemukan apa sih yang menjadi adalan anda dan motivasi anda untuk menabung? Apakah demi sebuah barang mewah? Masa depan yang cerah? Atau liburan? Temukan alasan ini dan cobalah niat kan dengan baik dan biasanya akan membuahkan hasil yang optimal.

BACA :  Sulit Bangun Tidur? Atasi dengan 7 Cara Sederhana Berikut Ini

2. Kurangi Jalan-Jalan

Tidak hanya membuat kamu bokek karena keseringan jalan-jalan baik menggunakan kendaraan umum dan pribadi (uang sewa dan beli bahan bakar). Ini juga akan berpotensi untuk menambah daftar pengeluaran. Kenapa? ya, karena ini akan membuat kamu lebih boros dengan banyak melihat hal-hal tidak penting yang akan meningkatkan nafsu “lapar mata”. Tahu kan istilah lapar mata? ini adalah istilah yang suka jajan membeli sesuatu yang sebenarnya tidak terlalu penting dan tidak terlalu bermanfaat.

3. Memasak Dirumah

Jangan salah, selain bisa mengasah kemampuan memasak ini juga menjadi solusi hemat ketimbang harus selalu menghabiskan uang dengan makan makanan di luar. Ini bahkan lebih sehat dan praktis.

BACA :  Cara Mudah Mensiasati Penyelengaraan" Open House"
source : Liputan6

4. Catat Pengeluaran

Dengan ini, anda bisa tahu apa-apa saja yang sudah dibeli dan berguna kah barang-barang tersebut? Jika tidak maka tandai dalam daftar dan segera hapus barang tersebut agar kedepan nya tidak lagi anda beli.

5. Siapkan Rancangan

Jangan hanya menabung tanpa merancang apapun. Anda bisa merancang sendiri uang tabungan anda. Caranya adalah dengan menentukan jatah harian maupun jatah mingguan yang anda habiskan. Nah, berhemat dari ketentuan tersebut. Jika ada sisa maka masukan segera ke tabungan anda.

6. Terapkan Minimal Menabung

Ada banyak cara yang digunakan untuk menabung, salah satu yang efektif adalah mebuat minimal jumlah menabung per hari maupun per minggu dan ketika anda biasa ini akan menjadi sebuah kebiasaan baik.

BACA :  Cara Jitu Mengatasi Jerawat Pasir dan Bekasnya

7. Konsisten

Apapun metode menabung yang anda jalankan, konsisten adalah kunci nya. Jangan pernah menyerah dan tetaplah fokus pada tujuan awal. Ini akan membantu anda lebih mudah dan terbiasa dalam mencapai goal anda tersebut. Selamat menabung!*