napi_di_rutan_karimun_ikut_un

Kundur News – KARIMUN – Enam orang narapidana di Rutan Kelas II A Tanjungbalai Karimun akan mengikuti ujian nasional (UN) paket C, Sabtu (15/4) mulai pukul 07.30 WIB.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Karimun, Bakri Hasyim melalui Kabid Pembinaan Anak Usia Dini dan Pendidikan Non Formal, Riza Kurniati mengatakan, jadwal ujian para peserta UN paket C berlangsung selama empat hari dan hanya digelar setiap Sabtu dan Minggu pekan ini serta pekan depan.

Keenam peserta UN paket C itu juga akan diawasi oleh guru dari luar serta beberapa orang dari Lapas. Sementara untuk soal ujian akan dijemput di Mapolres Karimun tempat dimana soal tersebut dititipkan.

BACA :  Kapolres Karimun Berganti

“Sebelum mengikuti UN mereka telah mengikuti pendidikan setiap seminggu sekali dan diajar oleh Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM). Dengan mata pelajaran yang akan diujiankan adalah untuk umum PKN, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan jurusan IPS seperti Sosiologi, Geografi dan Ekonomi. Sedangkan mata pelajaran jurusan IPA ditiadakan karena keterbatasan tim pengajar,” kata Riza, kemarin.

Adapun materi soal juga dibuat oleh tim perumus dari pusat, sama seperti soal UN untuk siswa SMA sederajat. Sementra yang menentukan kelulusan adalah pihak PKBM yang mendidik mereka di Lapas. Karena mereka (PKBM-red) yang memberikan materi pendidikin formal dalam menyampaikan mata pelajaran setiap minggu. Kondisi ini sudah berjalan selama tiga tahun sampai saat ini.

BACA :  Penandatanganan Kesepakatan Bagi Hasil Pas Pelabuhan Ditunda

Setelah ujian paket C lanjut Riza, akan ada delapan penghuni lapas yang mengikuti ujian paket B dengan jadwal yang bersamaan untuk siswa SMP sederajat pada Mei mendatang, termasuk paket A juga akan diikuti lima orang penghuni lapas dengan jadwal ujian disesuaikan bersama jadal siswa SD sederajat.

“UN ditahun lalu merupakan lulusan perdana dan sudah ada sembilan orang lulusan paket C, kemudian 11 penghuni lapas lulus di paket A”. kata Riza

Riza juga menerangkan tujuan dari program pendidikan bagi penghuni rutan adalah untuk memberikan kesempatan belajar bagi seluruh masyarakat termasuk para penghuni rutan. Apa lagi program tersebut merupakan bagian dari pendidikan non formal dan tidak hanya menangani pendidikannya di PKBM saja.

BACA :  Stok Serta Kondisi Harga Sembako di Karimun Saat Ramadhan

Sementara untuk setiap paket sudah ditunjuk penanggungjawabnya, seperti paket C merupakan tanggungjawab PKBM Melati, Paket B tanggungjawab PKBM Al Himmah dan Paket A tanggungjawab dari  PKBM Mitra Mandiri.*