Jokowi1Presiden Joko Widodo berencana untuk menghadiri tiga agenda internasional, APEC, ASEAN, dan G20 pada November 2014.

Terkait hal itu, malam ini Jokowi mengumpulkan para menterinya untuk mempersiapkan bahan-bahan yang akan dibawa ke forum itu.

“Tadi bahas persiapan yang diikuti Presiden sejak di Beijing. Persiapan Presiden dalam KTT kita presentasikan programnya, persiapkan substansinya,” kata Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa malam, 4 November 2014.

Selain itu, dia harus menyusun jadwal Jokowi di sana. Sebab banyak sekali kepala negara yang ingin melakukan pertemuan bilateral dengan Jokowi.

“Banyak sekali yang meminta pada Presiden baik di APEC, ASEAN, dan G20. Kami susun permintaan karena memang jadwalnya sangat padat. Karena di ASEAN ada 9 KTT. Jadi, memang jadwalnya sangat padat, kami lihat waktu bagi Presiden,” ujarnya.

Kementerian Luar Negeri harus menyusun dan mencocokkan antara permintaan para kepala negara itu dengan waktu Jokowi.

Beberapa kepala negara yang sudah mengantre untuk bertemu dengan Jokowi adalah Presiden Rusia Vladimir Putin, Presiden Tiongkok Xi Jinping, Perdana Menteri Australia Tony Abbot dan Presiden Myanmar Thein Sein. Bahkan, Presiden Amerika Serikat Barack Obama juga ikut antre untuk bertemu Jokowi. (art)