Peresmian Pabrik Pengolahan Rumput Laut oleh PANGKOARMADA I, Kamis (04/07/19).
Peresmian Pabrik Pengolahan Rumput Laut oleh PANGKOARMADA I, Kamis (04/07/19).

Tanjungpinang –  Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) I Laksamana Muda TNI Yudo Margono, SE,MM, bersama Ketua Daerah Jalasenastri Armada (DJA) I Ny Veronica Yudo Margono meresmikan Pabrik Pengolahan Rumput Laut   PT. Jala Mitra Resource di Desa Nguan Pulau Galang Kepulauan Riau, Kamis (04/07/19).

Peresmian pabrik pengolahan rumput laut tersebut ditandai dengan penandatanganan prasasti yang disertai pengguntingan pita oleh Pangkormada I dan Ketua DJA I.

Dalam sambutan Pangkoarmada I mengatakan bahwa banyak petani rumput laut yang berada di sekitar wilayah Batam, Tanjung Balai Karimun, Lingga yang terkendala tidak bisa menjual hasil rumput lautnya serta minimnya lokasi  penampungan rumput laut, sehingga roda perputaran hasil tani rumput laut mereka tidak berputar, dan yang aksirnya hanya dikonsumsi sendiri.

BACA :  Tim SATGASGAB F1QR KOARMADA I Gagalkan Penyelundupan 91.630 ekor Baby Lobster

Diharapkan Pangkoarmada 1, dengan diresmikannya pabrik rumput laut yang berdiri diatas lahan seluas 13 hektar ini dapat menampung hasil tani seluruh petani-petani rumput laut yang berada di Kepualaun Riau dan dimanapun tempat didaerah di Indonesia.

Pengolahan Rumput Laut
Pengolahan Rumput Laut

Sehingga, lanjut Pangkoarmada 1, dengan adanya pabrik ini dapat menambah perekonomian masyarakat sebagai ketahanan pangan.

“Kita TNI AL akan membantu proses pengiriman lewat laut hasil dari rumput laut, apabila ada kendala dalam proses pengiriman yaitu dengan diangkut melalui kapal perang kita diseluruh Indonesia,” terangnya.

BACA :  Puncak HUT Ke-74 TNI AL Di Tanjungpinang

Pabrik pengolahan rumput laut ini nantinya akan menghasilkan produk berupa mie, sirup, juice dan tepung dan jenis makanan lainnya yang berbahan dasar rumput laut. Selain dipasarkan di Indonesia, hasil dari produk rumput laut itu akan diekspor ke negara negara tetangga, salah satunya Singapura.

Laksamana Muda TNI Yudo Margono, saat melihat kualitas rumput laut di Pabrik Pengolahan Rumput Laut, di Desa Nguan Pulau Galang, Kamis (04/07/19).
Laksamana Muda TNI Yudo Margono, saat melihat kualitas rumput laut di Pabrik Pengolahan Rumput Laut, di Desa Nguan Pulau Galang, Kamis (04/07/19).

Dalam kesempatan yang sama,  Pangkoarmada I sekaligus membuka pelatihan rumput laut yang diikuti oleh prajurit TNI/Polri dan masyarakat disekitar Pulau Galang. Tujuan dari pelatihan tersebut untuk memberi bekal pengetahuan kepada peserta  sehingga dapat mengaplikasikan untuk bertani rumput laut yang baik.

BACA :  Danlanal; Peran Media Sebagai Pengayom Dan Penjernih Suasana

Hadir dalam kegiatan tersebut Aslog Pngkoarmada I, Pejabat Utama Mako Lantamal IV, Danlanal Batam, Dansatran Koarmada I, Dansatkat Koarmada I, Koorsmin Pangkoarmada I, Kadispen Koarmada I, Para Komandan KRI, KSOP Batam, tokoh agama/tokoh masyarakat Pulau Nguan, Kapolsek Galang, Ketua DJA I, Ketua Korcab IV DJA I, Direktur PT. Palindo Marine serta masyarakat Pulau Nguan.*