Home Riau INHIL Pastikan Wilayah Binaan Terhindar Karhutla, Babinsa Desa Beringin Mulya Laksanakan Giat Patroli dan Sosialisasi 

Pastikan Wilayah Binaan Terhindar Karhutla, Babinsa Desa Beringin Mulya Laksanakan Giat Patroli dan Sosialisasi 

0
Pastikan Wilayah Binaan Terhindar Karhutla, Babinsa Desa Beringin Mulya Laksanakan Giat Patroli dan Sosialisasi 

Teluk Belengkong — Pastikan wilayah binaan aman dari kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) babinsa Koramil 06/Kateman, Kopda Abdul Haris bersama masyarakat desa Beringin Mulya melaksanakan kegiatan patroli dan Sosialisasi Karhutla, Senin (30/01/2023) pagi.

 

 

Saat dikonfirmasi awak media melalui pesan singkat (WhatsApp) kopda Abdul Haris membenarkan pada hari ini melakukan kegiatan patroli Karhutla, antisipasi kebakaran lahan masyarakat.

 

 

“Iya hari ini kami bersama-sama untuk melakukan kegiatan patroli Karhutla upaya pencegahan terjadinya kebakaran lahan masyarakat yang ada di desa Beringin Mulya, di daerah rawan terjadinya kebakaran,” ujarnya

 

 

Dijelaskannya, kegiatan patroli Karhutla dilakukan secara rutin agar tidak terjadi kebakaran lahan masyarakat. Dia juga mengatakan bahwa masyarakat masih banyak melakukan membakar lahan agar lebih praktis dan cepat bersih lahan yang di olah masyarakat.

 

Namun menurut Kopda Abdul Haris, membuka lahan dengan cara membakar sangat bertentangan dengan hukum, dan sangat menggangu kesehatan masyarakat.

 

“Jelas pemerintah sudah memberikan surat edaran, tentang larangan membakar lahan masyarakat maupun hutan, dan juga membakar dapat menghasilkan asap dan sangat jelas menggangu kesehatan,” ungkap kopda Abdul Haris disela-sela kegiatan Patroli.

 

Selian itu juga, di sela-sela Patroli kopda Abdul Haris bersama dengan warga binaan, saat menemukan warga di lokasi patroli, dirinya akan memberikan sosialisasi kepada masyarakat agar tidak melakukan membakar lahan pertanian.

 

“Saat kita temukan warga di lokasi patroli, kita sampaikan kepada mereka bahaya membakar lahan, dan dapat ancaman pidana, jadi dari pada itu terjadi, lebih baik kita membersihkan lahan dengan cari lain, misalnya ditebas dan di racun sehingga rumput bisa mati,” imbuhnya.

 

Terkahir dikatakan kopda Abdul Haris banyak masyarakat yang sudah berurusan hukum dan di penjarakan, karena tidak taat kepada maklumat yang sudah di keluarkan oleh pemerintah.

 

“Untuk itu saya sangat berharap kepada masyarakat di desa Beringin Mulya. Jangan lah sekali-kali melakukan membakar, karena saya tidak mau warga binaan saya terjadi sesuatu, karena saya sangat sering melakukan sosialisasi, agar mereka paham dan mengerti,” pungkasnya.