Home SUMUT Asahan Pemerintah Kabupaten Asahan Ikuti Rakornis TMMD Ke -115 Secara Virtual

Pemerintah Kabupaten Asahan Ikuti Rakornis TMMD Ke -115 Secara Virtual

0
Pemerintah Kabupaten Asahan Ikuti Rakornis TMMD Ke -115 Secara Virtual

Asahan|Kundurnews.co.id – Jajaran Pemerintah Kabupaten Asahan mengikuti Rapat koordinasi teknis (Rakornis) pelaksanaan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) tahun 2022 ke-115 dengan tema TMMD Dedikasi Terbaik Membangun NKRI. Rapat ini diikuti secara virtual dan di laksanakan di Aula Mawar Kantor Bupati Asahan, Kamis (29/09/2022).

Tampak hadir dalam kegiatan ini Wakil Bupati Asahan, Taufik Zainal Abidin Siregar, S.Sos., M.Si., PLH Sekretaris Daerah, Buwono Prawana, SIP, MSi., Dandim 0208/AS, Letkol Inf Franki Susanto, S.E., perwakilan personil TNI, para kepala OPD dan tamu undangan lainnya. Rakornis tersebut dipimpin oleh Aster Kasad, Mayjen TNI Karmin Suharna.

Pada kesempatan tersebut, Aster KASAD Mayjen TNI Karmin Suharna, S.I.P., M.A menekankan kepada para satuan yang melaksanan program TMMD di wilayahnya agar tugas ini dapat dilaksanakan dengan ihklas dan penuh dengan rasa tanggung jawab.

“Program TMMD merupakan kegiatan lintas sektoral dengan kementerian atau lembaga pemerintah non kementerian dan komponen masyarakat yang dilaksanakan secara gotong-royong, serta bukan domain dari TNI Angkatan Darat,” katanya dalam sambutannya.

Manfaatkan kegiatan TMMD sebagai momen untuk menjalin Kemanunggalan TNI dan rakyat, tentunya dengan memberikan profil prajurit masa kini yang patut diteladani, cerdas namun santun dan ramah sehingga masyarakat dapat menyambut baik kehadiran kita.

Untuk itu perlu adanya kerjasama, sinergitas, koordinasi dan keterlibatan berbagai pihak terkait, karena dalam pelaksanaannya nanti akan banyak instansi yang terlibat, baik dari TNI sendiri, Polri dan masyarakat setempat.

“Oleh karena itu para Komandan Satgas TMMD agar mematangkan rencana dengan selalu berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah yang sudah dibuat sehingga tujuan dan sasaran TMMD dapat tercapai secara optimal”, ungkapnya.

Sedangkan untuk sasaran non fisik direncanakan penyuluhan bela Negara, pertanian, hukum, kamtibmas, narkoba, kerukunan antar umat beragama serta pelayanan kesehatan dan pengobatan gratis, laksanakan sesuai dengan prosedur yang ada dan selalu bekerja sama dengan instansi terkait.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Asahan, Taufik Zainal Abidin Siregar, S.Sos., M.Si. menyampaikan kepada para Kepala OPD, untuk dapat membantu dan mensupport pelaksanaan TMMD ini.

“Untuk Pelaksanaan, waktu, tempat dan metodenya beliau menjelaskan untuk waktu Pra-TMMD dimulai dari tanggal 14 september s.d 10 oktober 2022. Sementara itu untuk waktu pelaksanaan TMMD 2022 dimulai dari tanggal 11 Oktober s.d 9 November 2022,” ujar Taufik.

Untuk tempat pelaksanaannya, bertempat di kecamatan silau laut dan kecamatan sei kepayang timur. Untuk upacara pembukaan pada tanggal 11 oktober 2022 di Lapangan desa silo baru.

Sementara itu upacara penutupan pada tanggal 9 november 2022 di lapangan kecamatan sei kepayang. Metode pelaksanaannya yaitu Bakti TNI : kerma TNI, Pemerintah Daerah dan instansi lain, serta komponen masyarakat.

Dandim 0208/AS, Letkol Inf Franki Susanto, S.E menyampaikan maksud dan tujuan kegiatan ini.

“Maksud dari kegiatan ini yaitu memberikan gambaran pada Pemkab Asahan tentang kesiapan program
TMMD ke-115 Tahun 2022 di wilayah kecamatan Silau laut dan kecamatan Sei
kepayang timur Kabupaten Asahan,” tegasnya.

Sementara itu, lebih lanjut beliau menyampaikan tujuan kegiatan ini, sebagai pedoman bagi satgas pelaksana TMMD ke-115 Tahun 2022 di wilayah kecamatan Silau laut dan kecamatan Sei Kepayang timur dalam pelaksanaan kegiatan selanjutnya.

Menutup kegiatan tersebut, Dandim 0208/AS, Letkol Inf Franki Susanto, S.E menyampaikan Terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Pemerintah Kabupaten Asahan yang mensupport pelaksanaan TMMD ini serta OPD yang berpartisipasi dalam mendukung pelaksanaan kegiatan ini. (Isrofi)