Pemerintah-Pusat-Bantu-Perbaiki-505-Warga-Tak-Mampu-di-Kabupaten-Karimun

Kundur News – KARIMUN – Pemerintah pusat membantu sebanyak 505 unit rumah bagi masyarakat tak mampu untuk diperbaiki. Bantuan untuk program perdana yang diberi nama Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) itu ditandai dengan penyerahan buku bank BTN bagi penerima, Kamis (7/9) di Gedung Nasional oleh Bupati Karimun.

“Kita mengusulkan sebanyak 459 unit rumah yang akan diperbaiki, tapi setelah diverifikasi oleh tim dari pusat, hanya terpenuhi untuk 505 unit. Jumlah itu tersebar di empat Kecamatan se Kabupaten Karimun,” ujar Raifq.

Sedangkan perbaikan yang dilakukan dibagi dalam tiga kategori, yakni kategori perbaikan ringan akan mendapatkan bantuan senilai Rp7.500.000, kategori perbaikan sedang mendapatkan bantuan Rp10.000.000 dan kategori perbaikan berat mendapat bantuan Rp15.000.000.

“Para penerima tidak akan mendapatkan uang tunai, tapi uangnya akan langsung ditransfer oleh pemerintah pusat, lalu dikirim kepada toko bangunan atau material. Nanti pemilik rumah tinggal ambil barang saja dan sudah dibayar pemerintah kepada toko yang ditunjuk bagi empat Kecamatan penerima bantuan,” jelas Rafiq.

Rincian penerima bantuan itu adalah, Kecamatan Belat 193, Kecamatan Buru 106, Kecamatan Kundur 8 dan Kecamatan Kundur Barat sebanyak 176. Dari empat kecamatan itu akan tersebar di 11 Desa dan Kelurahan. Ditahun mendatang Rafiq berencana akan mengusulkan sebanyak 600 penerima dan akan disebar ke Kecamatan yang belum mendapatkan bantuan.*