Gubernur Bali Made Mangku Pastika seusai menyerahkan bantuan bedah rumah partisipasi Corporate Social Responsibility (CSR) di Dusun Kusambi, Desa Bunutan, Kecamatan Abang, Karangasem, Sabtu (7/10).
Gubernur Bali Made Mangku Pastika seusai menyerahkan bantuan bedah rumah partisipasi Corporate Social Responsibility (CSR) di Dusun Kusambi, Desa Bunutan, Kecamatan Abang, Karangasem, Sabtu (7/10).

Kundur News – Denpasar – Para pengusaha baik villa maupun restoran yang berada di kawasan wisata Amed diminta untuk membantu setidaknya satu unit bedah rumah bagi warga kurang mampu  yang ada di sekitarnya. Himbauan  tersebut disampaikan Gubernur Bali Made Mangku Pastika seusai menyerahkan bantuan bedah rumah partisipasi Corporate Social Responsibility (CSR) di Dusun Kusambi, Desa Bunutan, Kecamatan Abang, Karangasem, Sabtu (7/10).

Pastika menyampaikan kawasan Amed memiliki potensi pariwisata yang luar biasa dengan barisan Villa maupun Restoran di sekitarnya. Namun amat disayangkan, masih ada warga kurang mampu  yang hidup di rumah tidak layak huni di sekitar kawasan tersebut.

Gubernur Pastika menggugah tanggung jawab sosial dari para pengusaha kawasan wisata Amed untuk menyalurkan CSR nya dalam bentuk bantuan bedah rumah. “Saya menghimbau kepada para pengusaha wisata Amed, untuk membangun paling tidak satu unit rumah layak huni. Satu villa atau satu restoran membangun satu rumah, saya yakin pasti bisa,” ungkap Pastika.

BACA :  Masyarakat Diminta Waspadai Kejahatan Dunia Maya

Orang nomor satu di Bali ini melihat Kabupaten Karangasem khususnya daerah Amed dengan hamparan pantainya yang indah memiliki potensi pariwisata yang sangat menjanjikan. Kedepannya perlu dilakukan penataan termasuk didalamnya perijinan daripada villa maupun restoran yang berjejer di sepanjang pantai.

Ditambahkan Pastika, untuk tahun 2017, telah dibangun sebanyak 1100 unit rumah dari APBD Provinsi Bali. Jika dihitung secara keseluruhan maka total rumah yang telah dibangun mencapai 26 ribu unit seluruh Bali, baik yang menggunakan Anggaran Provinsi, anggaran Kabupaten maupun CSR. “Program bedah rumah ini akan terus berjalan. Bagi yang belum tesentuh, nanti pasti akan terdata, dan dapat memilki rumah layak huni” ujar Pastika.

BACA :  Status Gunung Agung. Gubernur Himbau Wisatawan Jangan Ragu Datang ke Bali

Sementara itu, Camat Abang Gusti Nyoman Darsana yang turut hadir dalam kesempatan tesebut menyampaikan apresiasinya atas bantuan bedah rumah yang telah diterima oleh warganya. Secara keseluruhan Desa Bunutan sendiri telah menerima sebanyak 23 bedah rumah dari APBD Provinsi dan 17 unit rumah dari APBD Kabupaten Karangasem.

Darsana berharap dengan memilki rumah layak huni, warganya bisa tinggal lebih layak dan fokus untuk mencari nafkah menopang kehidupan sehari hari. Dalam kesempatan tersebut diserahkan dua unit bedah rumah kepada masing-masing penerima  Made Chandra dan Made Arjana.*