Pemilihan Ketua Osis melalui E-Voting
Pemilihan Ketua Osis melalui E-Voting

Karimun – SMK Negeri Kundur, di KM 14 Kundur Barat, baru saja melaksanakan pemilihan Ketua MPK dan Ketua OSIS Periode 2019-2020, yang dilaksanakan pada Kamis 21 November 2019. Bedanya pemilihan Ketua MPK/OSIS kali ini, dilakukan dengan menggunakan sistem e-voting melalui sebuah aplikasi. Dan hasil tersebut bisa didapatkan secara real-time hanya dalam waktu singkat tanpa harus melalui penghitungan suara yang memakan waktu lama.

Ketua Komisi Pemilihan OSIS (KPO) M. Fahmi mengatakan “kali ini kami mencoba untuk membuat hal yang berbeda. Anak SMK pastinya peka teknologi, dan kami sebagai anak SMK merasa sudah saatnya membuat terobosan baru di Karimun ini untuk beranjak ke era digital. Untuk di Kepri saya kurang tau, tapi pastinya di Karimun kami ini yang pertama melaksanakan secara elektronik,” kata M. Fahmi, kamis (21/11/2019).

Ketua OSIS periode sebelumnya ini juga menyatakan, bahwa sistem yang digunakan dipastikan aman karena tidak menggunakan database yang berisi nama dan NIS siswa. Tapi menggunakan kode unik untuk masuk mengakses aplikasi pemilihan.

“Jadi jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) dari siswa dan guru sebanyak 466 yang kita bagi menjadi 3 TPS. Jadi kami hanya mempersiapkan sebanyak 466 token yang bisa diakses. Kemudian setelah pemilih mengisi daftar hadir ke petugas KPPS, baru kode diberikan. Dan pastinya setelah memberikan hak suara, kode unik tersebut sudah hangus dan tidak bisa digunakan lagi. Pastinya kita tinggal klik aja” imbuhnya.

Pemilihan Umum MPK/OSIS ini terbilang unik, karena melalui beberapa tahapan. Tahapan sudah dilaksanakan selama beberapa minggu sebelumnya dimulai dari pembentukan Komisi Pemilihan OSIS dan petugas KPPS, kemudian pendaftaran bakal calon ketua MPK/OSIS dan penetapan calon ketua. Kemudian calon ketua MPK/OSIS juga diberikan masa kampanye dan menjalani debat kandidat yang dilaksanakan beberapa hari sebelumnya. Pemungutan suara dilaksanakan mulai pukul 08.00-11.00 WIB, kemudian proses rekapitulasi suara yang hanya berlangsung beberapa menit dan diumumkan dalam Sidang Pleno KPO bersama dengan calon dan pasangan calon.

Pembina OSIS SMKN Kundur Hardi mengatakan mengapresiasi dan bangga dengan pencapaian yang dilakukan oleh siswa/i SMK binaannya. “Yang jelas kami bangga, anak-anak sudah melakukan terobosan yang mutakhir. Memanfaatkan IT sebagai sarana pesta demokrasi, tentunya sesuai dengan prosedur. Dan mereka juga melakukan tahapan-tahapan sama seperti pelaksanaan Pemilu pada umumnya. Ini adalah pembelajaran demokrasi yang nyata dari lingkungan sekolah’ ujarnya. Pelaksanaan pesta demokrasi di sekolah kejuruan yang dipimpin Zurprihardi selaku Kepala Sekolah ini terbilang sukses. Dari total 466 DPT, yang menggunakan hak pilihnya mencapai 91,85%. Sementara sisanya tidak menggunakan hak pilih dikarenakan tidak hadir ke sekolah karena sakit maupun guru-guru yang sedang melaksanakan tugas.

Adapun yang menjadi pemenang pada kontestasi Pemilu MPK/OSIS ini adalah Calon Nomor Urut 01 RIDUANSYAH sebagai Ketua MPK yang meraih 53,50% suara mengungguli 2 calon lainnya. Kemudian Pasangan Calon Nomor Urut 03 MUHAMMAD ASRI dan EKA PUSPITA SARI sebagai Ketua dan Wakil Ketua OSIS yang meraih 45,56% suara mengungguli 2 pasangan calon lainnya. Kegiatan ini dilaksanakan dengan dukungan dan kerjasama dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Karimun.*(H)