Peringatan HUT IBI (Ikatan Bidan Indonesia) ke 64, di Gedung Serba Guna Puskesmas Tanjungbatu Kundur

HUT IBI: "Bidan Mengawal Seribu Hari Pertama Kehidupan, Mewujudkan Generasi Berkualitas". Kegiatan juga diadakan Lomba Masak Makanan Bayi dan Balita.

Kundur News – Tanjungbatu – Peringatan HUT IBI (Ikatan Bidan Indonesia) ke 64, Ahad, (9/8) dilaksanakan di Gedung Serba Guna Puskesmas Tanjungbatu Kota Kecamatan Kundur.

HUT IBI kali ini mengambil tema “Bidan Mengawal Seribu Hari Pertama Kehidupan, Mewujudkan Generasi Berkualitas”. Turut hadir Anggota DPRD Karimun Hj. Rohani, serta pengurus PKK Kecamatan Kundur.

Dalam sambutan Ketua IBI Ranting Kundur, Yenni Evaluvita mengatakan, bidan adalah salah satu tenaga kesehatan yang strategis, yang memberikan fungsi pelayanan kebidanan. Tantangan dimasa depan yang harus dihadapi bersama.

“Dengan kecintaan terhadap profesi kita Marilah dijaga profesi dan merawatnya agar bisa ditumbuh kembangkan menjadi organisasi yang bermartabat baik. “Semoga di usianya ke-64 tahun, Bidan Indonesia semakin profesional dalam pelayanan kesehatan ibu dan bayi,” himbau Yenni Evaluvita.

Lebih lanjut Yenni mengatakan, sesuai tema yang diangkat, seribu hari pertama kehidupan adalah masa sejak anak dalam kandungan hingga berusia dua tahun masa itu, imbuhnya, merupakan periode emas.

Pada periode ini terjadi proses tumbuh kembang anak yang sangat cepat dan tidak terjadi pada masa lain. Perkembangan sel-sel otak pada periode ini sangat menentukan kualitas kehidupan selanjutnya.

“Apabila terjadi gangguan pada periode ini, akan berdampak permanen dan tidak bisa dikoreksi. Dampaknya tidak hanya pada pertumbuhan fisik, tapi juga perkembangan mental dan kecerdasan,”tandas Yenni.

Sementara itu Ketua Panitia HUT IBI Yusdina mengungkapkan, pada HUT IBI ke-64 ini, pihaknya kembali menegaskan kepada seluruh bidan untuk bekerja secara profesional. Terkait dengan HUT IBI tahun ini, pihaknya telah melakukan berbagai kegiatan, seperti Lomba Memasak Lomba membuat makan tambahan untuk bayi dan balita, penyuluhan Asi Ekslusif bagi para ibu yang menyusui.

“Kita menggelar beberapa lomba seperti lomba memasak makanan tambahan untuk bayi dan balita yang diikuti perwakilan masing-masing Kelurahan desa di Kecamatan Kundur. Dan penyuluhan yang diikuti para Ibu-ibu yang menyusui dan masyarakat,” ujar Yusdina.

Dalam Peringatan HUT IBI (Ikatan Bidan Indonesia) ke 64 tersebut juga diadakan lomba juara Lomba Masak Makanan Tambahan untuk Bayi dan Balita. Juara Pertama Posyandu Kelurahan Gading Sari, Juara Kedua Posyandu Tanjungbatu Barat dan Juara Tiga Desa Sei. Sebesi.*

z