Pertamina-Apresiasi-Pelestarian-Penyu-Oleh-Masyarakat-Pulau-Serangan

Kundur News – Denpasar – Pertamina memberikan apresiasi terhadap komitmen masyarakat Pulau Serangan, Denpasar dalam melakukan upaya konservasi penyu. Atas keberhasilan masyarakat Pulau Serangan melakukan konservasi penyu, Pertamina berkomitmen untuk memberikan dukungan.

Komitmen Pertamina tersebut disampaikan oleh Koordinator Keselamatan Kerja, Kesehatan  dan Perlindungan Lingkungan Pertamina Pesanggaran, Denpasar Julian C Pratama pada keteranganya di sela-sela acara pelepasan 1072 tukik di Pantai Serangan, Denpasar, (13/8/2017).

Komitmen tersebut sebagai salah satu upaya Pertamina dalam turut serta untuk menjaga kelestarian lingkungan. Apalagi Pertamina Pesanggaran-Denpasar sudah sejak lama membantu masyarakat Serangan dalam pelestarian penyu melalui programCorporate Social Responsibility (CSR).

Julian mengungkapkan upaya pelestarian penyu yang dilakukan masyarakat Serangan melalui lembaga Turtle Conservation and Education Center (TCEC) sangat sejalan dengan program lingkungan Pertamina. Upaya pelestarian penyu juga telah menunjukkan hasil yang menggembirakan sehingga sangat layak untuk di dukung.

“ Kami akan coba bantu siapkan pendanaan untuk mendukung program pelestarian penyu, kami juga berkomitmen untuk dapat terlibat langsung” kata Julian.

Julian menegaskan bahwa sebagai bentuk komitmen dalam pelestarian penyu di Pulau Serangan, Pertamina pada tahun ini akan memberikan bantuan berupa pembangunan laboratorium kesehatan penyu. Laboratorium kesehatan  penyu diharapkan dapat membantu upaya penangkaran dan penyelamatan penyu.

“Lab nantinya akan dilengkapi dengan fasilitas cek kesehatan  dan dilengkapi dengan peralatan untuk bisa membantu penyu yang mengalami cacat atau gangguan” jelas Julian.Pertamina-Apresiasi-Pelestarian-Penyu-Oleh-Masyarakat-Pulau-Serangan-2

Julian berharap kedepannya upaya konservasi penyu di Pulau Serangan tidak saja hanya menjadi tempat penyelamatan satwa penyu, tetapi juga dapat berkembang menjadi kawasan wisata konservasi. Dimana wisatawan atau masyarakat yang berkunjung tidak saja dapat belajar mengenal penyu tetapi juga dapat terlibat dalam upaya penyelamatan penyu.

“kita akan coba bantu juga mempromosikan sehingga bisa bersaing dengan obyek wisata lainnya di Bali. Harapanya tentu ekonomi masyarakat juga dapat terangkat” papar Julian. *