Inhil – PT Bank Riau Kepri bersama Human Initiative Riau melaksanakan penanaman 10 ribu bibit batang pohon mangrove di dusun Sungai Bandung Desa Tanjung Pasir kecamatan Tanah Merah kabupaten Indragiri Hilir, Kamis (27/1/2022) siang.

Saat diwawancarai awak media Direktur Utama PT Bank Riau Kepri Dr Andi Buchari mengatakan pada hari ini langsung menyerahkan secara simbolis bibit mangrove kegiatan ini merupakan bagian dari rencana keuangan rencana aksi keuangan berkelanjutan kepada masyarakat dusun Sungai Bandung.

“Kita ketahui Bersama-sama bahwa kondisi dusun Sungai Bandung akibat pasang naik terlalu tinggi mengakibatkan tanaman pohon kelapa menjadi mati, dan saat ini dialih fungsikan untuk penanaman mangrove sehingga habitat biota laut seperti lokan kepiting udang bisa difungsikan masyarakat untuk mendapatkan penghasilan,” ungkap Direktur Utama PT Bank Riau Kepri Dr Andi Buchari kepada awak media.

Dia juga mengatakan terimakasih kepada semua pihak yang sudah terlibat secara langsung untuk menanam pohon Mangrove.

“Terimakasih kepada Human Initiative Riau dan pemerintah daerah kabupaten Indragiri Hilir yang sudah mendukung sepenuhnya program penanaman mangrove 10 ribu batang pohon mangrove,” ucapnya.

Lebih lanjut dikatakan Dr Andi Buchari, mendengar dari tokoh-tokoh masyarakat, bahwa sebagian besar mata pencaharian dari penduduk setempat dalam hal ini adalah yang perikanan khususnya perikanan tangkap. Sehingga dengan penanaman mangrove nantinya bisa menjadi ekosistem bentuk tumbuhnya biota biota laut seperti lokan kepiting udang dan juga komoditas lainnya, yang bisa meningkatkan pendapatan atau mata pencaharian dari masyarakat setempat.

“Mudah-mudahan lah apa yang kita laksanakan ini sangat bermanfaat langsung kepada masyarakat, dan harapan kedepannya agar masyarakat bisa menjaga pohon mangrove yang sudah ditanam, sehingga kedepannya dapat menghasilkan pundi-pundi rupiah,” cetusnya.

Lebih lanjut dikatakan Direktur Utama PT Bank Riau Kepri Dr Andi Buchari. Selain memberikan bantuan berupa 10 ribu bibit mangrove PT Bank Riau Kepri juga memberikan bantuan CSR berupa uang tunai Rp 5 000.000 kepada sekolah Madrasah Al-Islamiyah untuk diperuntukkan renovasi sekolah tersebut yang sangat memprihatikan.

“Semoga bermanfaat apa yang kita lakukan ini untuk sekolah madrasah Al-Islamiyah semoga anak-anak yang sedang berjuang mencari ilmu di sini bisa merasakan kenyamanan,” imbuhnya.

Sementara Nofri Satriawati kepala cabang Human Initiative Riau mengatakan program ini merupakan program sinergi dan kolaborasi antara Human Initiative Riau dan Bank Riau Kepri dalam program penanaman 10 ribu bibit pohon mangrove yang dilaksanakan Kabupaten Indragiri Hilir. Program ini merupakan program CSR Bank Riau Kepri.

“Mudah-mudahan kegiatan ini terus berkelanjutan sehingga masyarakat terbantukan atas program yang sangat menyentuh langsung ke masyarakat yang dilakukan PT Bank Riau Kepri,” ujarnya.

“Tadi kita juga menyerahkan bantuan Alquran dan bantuan mukena untuk siswa siswa di sekolah yang ada di sini Semoga dengan bantuan Alquran yang kita berikan menambah semangat belajar anak-anak dalam mempelajari Alquran dan juga semangat belajar agama,” sambungnya.

Senada itu Bupati Inhil HM Wardan yang diwakili oleh asisten 1 H Tentawi Jauhari atas nama pemerintah daerah kabupaten Indragiri Hilir mengacungkan ribuan terimakasih kepada PT Bank Riau Kepri dan Human Initiative Riau yang sudah melakukan penanaman 10 ribu bibit pohon mangrove di Dusun Sungai Bandung.

Di kabupaten Inhil hutan mangrove terbentang dibeberapa kecamatan, yakni Tanah Mereka, Kuindra, Enok Mandah Kuindra dan Reteh, sayangnya hutun mangrove tersebut sebagian sudah ada yang Rusak.

Dengan bantuan bibit mangrove 10 ribu tersebut sangat mambantu melestarikan hutan mangrove di kabupaten Indragiri Hilir, jadi kami pemerintah daerah kabupaten Indragiri Hilir sangat mengapresiasi kepada PT Bank Riau Kepri dan Human Initiative Riau yang sudah memberikan bibit mangrove.

Lebih lanjut dikatakan Asisten I H Tentawi Jauhari, Penanaman bibit mangrove melalui program pemerintah RAKB PT Bank Riau Kepri ini diharapkan akan mengambilkan keberadaan vegetasi mangrove di daerah pesisir, yang berfungsi sebagai wilayah perlindungan abrasi dan intrusi air laut serta ancaman bencana alam Dampak perubahan iklim.

“Saya mengharapkan agar momen ini benar-benar dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Insyaallah kegiatan ini akan berdampak positif bagi kelestarian lingkungan khususnya bagi hutan mangrove,” imbuhnya.

Terakhir dikatakan asisten 1 H Tentawi Jauhari, oleh karena itu atau nama pemerintah daerah kabupaten Indragiri Hilir menyampaikan terima kasih kepada PT Bank Riau Kepri dan Human Initiative Riau yang sudah peduli terhadap pelestarian keanekaragaman hayati dan lingkungan mangrove di kabupaten Indragiri Hilir.

Tampak hadir dalam acara penanaman mangrove tersebut Direktur Utama PT Bank Riau Kepri Dr Andi Buchari, Asisten I H Tentawi Jauhari, Camat Tanah Merah Antoni , Nofri Satriawati kepala cabang Human Initiative Riau, kph Mandah Joko Yuni Purwanto, Pimpinan divisi sikper Bapak Wahyudi Gustiwan, Pimpinan bank Riau Kepri Cabang Tembilahan T Riwandra Chandra Kepala desa Tanjung Pasir Kepala Dusun dan tokoh masyarakat serta tokoh agama.*