review-liverpool-redam-perlawanan-bournemouth

 

 

Bournemouth gagal membendung laju Liverpool dan kalah 1-3 di babak perempat final Capital One Cup di The Goldsands Stadium, Kamis (18/12).

Liverpool bermain cukup baik di laga ini, sementara Bournemouth memberikan perlawanan yang cukup alot. Gol-gol bagi The Reds disumbangkan oleh Lazar Markovic dan Raheem Sterling. Nama terakhir sukses menciptakan brace alias dua gol. Sementara gol tuan rumah dicetak Dan Gosling.

Kedua tim bermain dengan spirit tinggi begitu laga dimulai. Bournemouth ingin menunjukkan bahwa mereka tak boleh diremehkan, sementara Liverpool mencoba untuk bangkit usai ditekuk Manchester United di laga sebelumnya.

Namun, tuan rumah mendapat peluang emas terlebih dahulu. Di menit ke-5, Kermorgant mengontrol bola tepat di depan kotak penalti Liverpool. Ia bisa mengecoh Martin Skrtel dan Lovren dan tinggal berhadapan dengan Jones. Namun, sepakan kaki kirinya justru tak tepat sasaran.

Namun, satu menit berselang, Liverpool langsung membalas mengancam. Adam Lallana berhasil melepas sepakan voli dari jarak sekitar 21 meter. Ia pun memaksa Boruc untuk terbang mengamankan gawangnya.

Di menit ke-20, publik The Goldsands Stadium sedikit terhenyak. Pasalnya, serbuan rapi dari Liverpool berhasil dituntaskan oleh Sterling menjadi sebuah gol. Dari luar kotak penalti, Markovic memberi umpan apik pada Jordan Henderson di sisi kiri gawang Boruc. Wakil Kapten The Reds itu langsung menanduk bola ke arah Sterling yang tak terjaga di depan gawang. Gol! 0-1 tuan rumah tertinggal.

Liverpool terus menyerang dan kembali mencetak gol pada menit ke-27. Coutinho berhasil lolos dari jebakan offside dan menerobos masuk kotak penalti dari sisi kanan gawang Bournemouth. Ia menendang bola, namun masih bisa dihadang Boruc. Bola muntah mengarah ke Markovic di luar kotak penalti. Tanpa kesulitan pemain asal Serbia itu mengarahkan bola ke sudut kiri gawang tuan rumah. 0-2 The Reds unggul sekarang.

Usai kebobolan untuk kedua kalinya, Bournemouth bermain kian ofensif. Mereka berhasil memaksa The Reds bermain secara defensif. Namun, mereka tak bisa membalas satu gol pun hingga babak pertama berakhir.

Skor 0-2 tetap bertahan hingga turun minum.

Tempo permainan masih tetap cukup tinggi di babak kedua. Namun, kini Liverpool bermain sedikit lebih tenang dan sebaliknya, Bournemouth sedikit kebingungan untuk menemukan cara menembus pertahanan sang tamu.

Ketenangan skuat Liverpool itu pun berbuah manis. Di menit ke-51, mereka berhasil menggagalkan serangan tuan rumah dengan mudah. The Reds langsung melancarkan serangan balik melalui Lallana. Ia memberikan umpan terobosan pada Sterling yang kemudian dengan mudah bisa mengecoh satu bek lawan plus Boruc untuk membuat angka di papan skor berubah menjadi 0-3.

Skuat asuhan Brendan Rodgers itu sedikit terlena ketika unggul telak. Barisan pertahanan mereka tak cukup siaga ketika lawan melancarkan serangan balik pada menit ke-57. Ritchie berhasil menerobos sayap kiri pertahanan The Reds dan melepas umpan tarik ke tengah kotak penalti. Bola disambut Dan Gosling dan ia berhasil mengecoh Skrtel dan Toure sebelum akhirnya berhasil menaklukkan Jones. Skor kini menjadi 1-3.

Tuan rumah kian menggebu dalam menyerang. Sementara lini belakang sang tamu mulai tampak goyah. Di menit ke-66, Bournemouth nyaris mencetak gol jika saja tandukan Wilson ke tiang jauh tak meleset tipis. Liverpool akhirnya bisa kembali mengancam. Dua menit berselang, Sterling mendapat kesempatan untuk mencetak hattrick. Sayang, walau berdiri bebas di dalam kotak penalti, sepakannya justru melenceng.

Bournemouth tak mau kalah. Mereka kembali mendapat peluang di menit ke-70. Sepakan Gosling dari depan kotak penalti nyaris masuk jika saja tak membentur mistar gawang.

Setelah gol tersebut, Liverpool sedikit menurunkan tempo permainan dan permainan eksplosif Bournemouth pun sedikit teredam. Tuan rumah memang masih bisa mengancam gawang Jones, namun tetap tak bisa mencetak gol hingga babak kedua berakhir.

Skor 1-3 tetap bertahan hingga akhir permainan. Liverpool pun akhirnya bisa menggenggam satu tiket masuk babak semifinal Capital One Cup.

Susunan Pemain:
Bournemouth (4-4-2): Boruc; Francis, Elphick, Cargill, Smith; Ritchie, O”Kane (Pitman 81″), Gosling, Stanislas (Fraser 54″); Kermorgant (Arter 53″), Wilson.

Liverpool (3-4-3): Jones; Toure, Skrtel, Lovren (Sakho 46″); Henderson, Gerrard (Borini 90″), Lucas, Markovic; Coutinho (Can 74″), Sterling, Lallana.

Statistik Pertandingan Bournemouth – Liverpool:
Penguasaan bola: 43% – 57%
Shots (on goal): 13 (3) – 16 (5)
Corner: 3 – 7
Pelanggaran: 8 – 7
Offside: 0 – 3
Kartu kuning: 0 – 0
Kartu merah: 0 – 0. (bola/dim)

(merdeka.com) http://www.merdeka.com/sepakbola/review-liverpool-redam-perlawanan-bournemouth.html