PJs Bupati Karimun Herru Andrianto menerima PCR dari Sekda Kepri, TS Arif Fadillah, yang akan digunakan untuk pemeriksaan sampel swab Covid-19 Kabupaten Karimun

KARIMUN – Satu alat PCR untuk pemeriksa sampel swab Positif Covid-19, kini telah dimiliki Pemkab Karimun, yang bersumber dari bantuan Pemprov Kepri.

Alat tersebut diserahkan Sekda Provinsi Kepri, TS Arif Fadillah kepada Pemkab Karimun, yang diterima Pejabat Sementara (PJs) Bupati Karimun, Herry Andrianto, beberapa hari kemarin.

“PCR ini akan kita gunakan untuk mempercepat proses pemeriksaan sampel. Sekarang ini kasus positif Covid-19 di Kabupaten Karimun semakin meningkat drastis, sehingga perlu dilakukan antisipasi,” kata Herry.

Alat PCR tersebut menurutnya, juga memang perlu disediakan, mengingat angka kematian akibat Covid-19 di Kabupaten Karimun memprihatinkan, menduduki posisi kedua setelah Kota Batam.

Sampel swab di Karimun jika dikirim ke Batam membutuhkan waktu yang cukup lama, bahkan bisa sampai berhari-hari jika terjadi antrian dari beberapa daerah.

“Dengan bantuan satu alat PCR ini diharapkan mampu mengatasi kendala swab, yang akan dapat diketahui hasilnya dalam hitungan jam,” ungkapnya.

Saat ini berbagai macam persiapan masih terus dilakukan, mulai dari ruangan, tenaga yang mengoperasikan dan sebagainya.

Dalam satu sampel bisa diperiksa hampir tiga jam lamanya, dalam satu hari bisa dilaksanakan 18 sampel jika petugas lembur.

Memang bantuan PCR tersebut terbilang lebih kecil dan maksimal baru bisa memeriksa 18 sampel, jika dibanding peralatan yang dimiliki RSKI Galang-Batam, dapat memeriksa 80 sampel dalam satu hari.

“Lokasi persisnya di lantaibawah samping PMI,” ujarnya.(*)