KERITANG — Calon Anggota dewan perwakilan rakyat Daerah (DPRD) provinsi Riau H Ikbal Sayuti menghadiri acara gema sholawat kota Baru dalam rangka meriahkan tahun baru Islam 1 Muharram 1445 hijriah 2023/Masehi, kegiatan tersebut di laksanakan di halaman Kantor Desa Kotabaru Sebirda, Selasa (18/7/2023) malam.

 

Kegiatan gema sholawat Kotabaru dalam rangka memeriahkan tahun Baru Islam 1 Muharram 1445 hijriah juga disejalankan dengan hari jadi Kotabaru Sebirda yang ke- 83 tahun.

 

Kepala Desa Kotabaru Sebirda Muslim Ridar mengatakan terimakasih kepada seluruh elemen masyarakat Kotabaru Seprida yang sudah berpartisipasi dalam kegiatan gema sholawat Kotabaru dalam rangka memeriahkan tahun Baru Islam 1 Muharram 1445 hijriah. Dan juga hari jadi Kotabaru yang ke- 83 tahun.

 

“Terimakasih atas dukungan dari semua pihak sehingga kegiatan kita ini dapat berjalan dengan lancar, pada malam hari ini kita melaksanakan gema sholawat Kotabaru, dan besok kita membuka stand per dusun yang ada di Kotabaru Sebirda ini,” ujarnya.

 

Selain itu, kades Kotabaru Sebirda juga mengungkapkan terimakasih atas kehadiran bapak H Ikbal Sayuti yang sudah mau datang dari ibukota Jakarta cuman mau bersilaturahmi dengan masyarakat desa Kotabaru Sebirda.

 

“Mudah-mudahan lah kedatangan H Ikbal Sayuti bukan sekedar silaturahmi, namun bentuk perhatian kepada Desa kami ini setelah hajat (niat-red) duduk di kursi DPRD provinsi Riau dari partai PPP, itu sebuah harapan kami di desa Kotabaru Sebirda ini,” imbuhnya.

 

Selain itu Dikatakan Muslim Ridar, di hari jadi Kotabaru Sebirda ke- 83 tahun, Kotabaru bisa terus bertumbuh menjadi berkembang, dan masyarakatnya semakin maju, sehingga tidak ada angka kemiskinan bertambah.

 

“Di hari 1 Muharram 1445 hijriah ini. Semoga dengan tahun baru Islam ini kita lebih bisa meningkatkan keimanan dan ketakwaan kita kepada Allah subhanahu wa ta’ala, seterusnya saya berharap juga kepada seluruh undangan yang hadir pada malam hari ini untuk bisa mengikuti acara selawatan bersama sampai selesai.

 

Sementara itu calon anggota legislatif (Bacaleg) DPRD provinsi Riau H Ikbal Sayuti mengatakan Terimakasih atas undangannya kepada masyarakat desa Kotabaru Sebirda di acara Gema Selawat Kotabaru dalam rangka meriahkan 1 Muharram 1445 hijriah dan hari jadi Kotabaru Sebirda yang ke- 83 tahun.

 

“Tentunya momentum ini menjadi satu kehormatan bagi saya mendapatkan undangan, mudah-mudahan Kotabaru Sebirda di usia yang ke 83 tahun semakin berkembang, dan masyarakat semakin sukses dan sejahtera semuanya,” jelas H Ikbal Sayuti.

 

Lebih lanjut, 1 Muharram 1445 hijriah adalah tahun Baru Islam. Yang patut untuk di meriahkan, karena tahun baru Masehi saja dimeriahkan, sebagai umat muslim khususnya masyarakat Kotabaru Sebirda, melaksanakan kegiatan gema sholawat, itu patut diberikan apresiasi.

 

“Semoga di tahun baru ini kita dapat lebih memantapkan diri dalam beriman dan bertakwa kepada Allah subhanahu wa ta’ala, diberikan kemudahan dalam hidup serta kita semua termasuk ke dalam golongan orang-orang yang beruntung,” kata Ikbal.

 

Dia menjelaskan salah satu makna penting dari hijrah itu adalah bagaimana dapat memahami yang dilakukan oleh Rasulullah shallallahu alaihi wasallam, dalam meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah subhanahu wa ta’ala implementasikannya dengan menebar rahmat yang dicontohkan Rasulullah shallallahu alaihi wassalam.

 

Terkahir dikatakan H Ikbal Sayuti (hati). Tanggal 1 Muharram merupakan tanda peristiwa hijrahnya Rasulullah dari Mekah ke Madinah yang terjadi pada tahun 622 masehi. Nah, untuk itulah, pada bulan Muharram menjadi waktu yang tepat untuk membuat resolusi dan rencana yang baik untuk 1 tahun ke depan.

 

“Mengenai makna yang terjadi dalam peringatan 1 Muharram ini yaitu dalam tahun baru hijriyah, awal tahunnya disebut muharram. Artinya kalau ingin berhijrah menjadi lebih baik dan dekat dengan Allah, maka cara pertamanya adalah dengan meninggalkan apa-apa yang

Allah haramkan,” pungkasnya.