Home Riau INHIL

Satgas Saber Pungli Inhil Gelar Sosialisasi di Kantor Disdukpencapil

Inhil – Satuan tugas (satgas) Sapu Bersih Saber Pungutan Liar (Saber Pungli) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) melakukan sosialisasi Stop Pungli, kegiatan sosialisasi berlangsung di ruangan Disdukpencapil Inhil jalan Swarna Bumi, kecamatan Tembilahan, kabupaten Indragiri Hilir, Jum’at (17/6/2022) Siang.

Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Waka Polres Inhil Kompol Yuhdi Franata, kepala Dinas Disdukpencapil Inhil Mizwar Efendi, inspektorat, Sekretaris Disdukpencapil Inhil Nursal, dan seluruh ASN dan honorer.

Dalam sambutannya Kadis Disdukpencapil Inhil Mizwar Efendi mengatakan Semua Aparatur Sipil Negera (ASN) yang ada Disdukpencapil, diharuskan memahami semua jenis tindakan yang dikatagorikan pungli, sehingga setiap pelayanan yang dilaksanakan para pegawai di semua tingkatan Capil dapat mengantisipasi perbutan pungli.

“Sosialisasi ini dilaksanakan langsung oleh Satgas Saber Pungli Kabupaten Inhil. Sosialisasi dilingkungan kami, kita harapkan setelah ini jajaran Capil bisa memahami semua katagori Pungli itu seperti apa. Supaya bisa dicegah secara bersama-sama,” jelas Kadis Disdukpencapil Inhil Mizwar Efendi.

BACA :  Kapolres Inhil Silaturahmi Bersama Rekan Kerja Dan Masyarakat

Pencegahan perbuatan Pungli ungkap Mizwar sejalan dengan program yang sedangkan digalakkan Kantor Disdukpencapil Kabupaten Inhil. Jadi kami sangat menyambut sosialisasi tentang pungli yang ada.

“Tentunya Disdukpencapil sangat mendukung program sosialisasi tentang pungli yang digelar oleh Satgas Saber Pungli Inhil,” ungkapnya.

Selain itu Dikatakan Mizwar sosialisasi akan menambah wawasan kepada ASN dan honorer yang ada Disdukpencapil, karena Pungli sangat tidak dibenarkan. Dalam pelayanan kepada masyarakat.

Selaku ketua pelaksana satgas Saber Pungli Kompol Yuhdi Franata mengatakan jadi kegiatan Saber Pungli adalah. Agenda tahunan yang di rencanakan tiap bulan di seluruh UPT maupun dinas dan di kecamatan di Kabupaten Inhil.

BACA :  HUT Bhayangkara Ke-76, Yayasan Vioni Bersaudara Bersama Kasat Lantas Polres Inhil Berbagi Martabak Pada Masyarakat

“Hari ini kami sudah melaksanakan kegiatan dua tempat tadi di kecamatan dan siang ini Disdukpencapil Inhil,” ungkap Kompol Yuhdi Franata.

Dia juga menjelaskan yang mana SK sudah diperbarui kemarin diselesaikan Bupati bulan Januari tiap tahun tujuannya adalah untuk melakukan sosialisasi dan pencegahan kejadian pungutan liar di Kabupaten Inhil.

Kompol Yuhdi mengharapkan kepada seluruh Pemda Kabupaten Inhil khususnya Disdukpencapil untuk merubah mindset dan menghilangkan niat ataupun kesempatan untuk melakukan pelanggaran ataupun meminta biaya yang sesuai dengan ketentuan.

“Jadi tidak ada PNS yang melakukan pemungutannya liar terhadap masyarakat-masyarakat yang nantinya dapat menghambat pelayanan pelayanan publik di kabupaten Indragiri Hilir,” tandasnya.

Lebih lanjut dikatakan Kompol Yuhdi Franata. Dampak pasti sudah jelas itu akan dikenakan saksi pidana, dan yang bersangkutan kemungkinan akan di turunkan jabatan dan yang paling terjelek adalah yang bersangkutan akan dipecat dari PNS.

BACA :  Sat Lantas Polres Inhil Laksanakan Giat Polsanak

“Kegiatan ini sangat penting dan perlu untuk disosialisasikan kepada setiap instansi pemerintah sehingga dapat melakukan pencegahan secara dini dalam praktek pungli kepada masyarakat.

Terakhir Kompol Yuhdi, juga menegaskan jika tim Satgas Saber Pungli Kabupaten Inhil, tidak akan pernah memberikan toleransi kepada semua pihak yang melakukan pungutan liar dalam melaksanakan pelayanan kepada masyarakat.

“Kita sudah rutin melaksanakan sosialisasi, jika masih saja terjadi pungli maka tindakan tegas harus dilakukan. Yakni diproses secara hukum,” tutupnya.

Untuk diketahui tempat melaporkan Tim Satgas Pungli Call center Saber Pungli Emil: [email protected]
Via telpon/SMS/WhatsApp (wa) 08117620. Dengan data lengkap, istensi, modus operandi dan nama Pelaku indentitas pelapor akan dirahasiakan.*

==========================