SDN-003-Kundur-Hadirkan-Budaya-Melayu-Saat-Pawai-HUT-RI-Ke-72

Kundur News – Tanjungbatu – Penampilan yang beda dari tahun-tahun sebelumnya dalam menyemarakkan Dirgahayu ke-72 Republik Indonesia pada pawai pembangunan khususnya Sekolah Dasar Negeri 003 Kundur, Sabtu (19/8).

Seluruh siswa tampak semangat mengikuti pawai yang bertujuan untuk menumbuhkan rasa nasionalisme sejak dini kepada para siswa tingkat dasar.

Pawai yang diikuti SDN 003 Kundur ini menampilkan cukup spektakuler seperti tahun-tahun sebelumnya. Tema yang diangkat tahun ini yaitu “mengenang kembali kejayaan Kerjaan Keseultan Riau Lingga sebagai cikal bakal kekuatan maritim Nasional”.

Kepala Sekolah SDN 003 Kundur Tumiran mengatakan tujuan diangkat tema ini agar semua lapisan masyarakat kepulauan Riau tidak melupakan sejahter kebesaran kerajaan Melayu yang banyak berkontribusi untuk kemerdekaan.

“Bahkan bapak bahasa Indonesia yang merupakan Pahlawan Nasional juga berasal dari Kepei yaitu Raja Ali Haji Sang Pujangga penggubah syair gurindam 12,”ungkap Tumiran saat temui Senin,  (21/8).

Lebih lanjut Tumiran mengukapkan penak pernik yang ditampilkan antara lain sepasang keris melayu yang melambangkan kekuatan dan keberanian.

“Keris raksasa ini,  90 persen bahannya terbuat dari sabut kelapa,”ujarnya.

Selain keris SDN 003 Kundur juga menampilkan singgasana Sultan yang dilengkapi regalia sebagai benda pusaka yang amat menentukan legalitas dan wibawa kerajaan masa itu.  Tepak sirih,  melambangkan keramahan dan persaudaraan puak melayu yang telah menjadi tradisi sejak dulu.

“Semua pernak-pernik dibuat oleh majelis guru SDN 003 Kundur sebagai ciri khas kreatifitas buah dari pemikiran dan kerja keras berhari-hari untuk memajukan Seni Budaya sesuai visi misi SDN 003 Kundur,”tegas Tumiran.*