Home Riau INHIL Serda Lendi Piter Sirimba Gelar Pengecekan Sapi Antisipasi PMK di Desa Binaan 

Serda Lendi Piter Sirimba Gelar Pengecekan Sapi Antisipasi PMK di Desa Binaan 

0
Serda Lendi Piter Sirimba Gelar Pengecekan Sapi Antisipasi PMK di Desa Binaan 

Kateman – Bintara Pembina Desa (Babinsa) Air Tawar Serda Lendi Piter Sirimba melaksanakan komunikasi sosial (Komsos) dan pengecekan terhadap hewan peliharaan antisipasi terhadap penyakit Mulut dan Kuku (PMK) bertempat di parit 5 RT 02 RW 02, desa Air Tawar, kecamatan Kateman, kabupaten Indragiri Hilir, jum’at (11/11/2022) pagi.

Dikatakan Serda Lendi Piter Sirimba Penyakit mulut dan kuku (PMK) adalah penyakit infeksi virus yang bersifat akut dan sangat menular. Penyakit ini menyerang semua hewan berkuku belah/genap, seperti sapi, kerbau, babi, kambing, domba termasuk juga hewan liar seperti gajah, rusa dan sebagainya.

“Untuk itu saya melakukan komunikasi sosial dengan pemilik sapi untuk memberikan sosialisasi kepada para peternakan untuk menjaga hewan peliharaannya dikasih vitamin sehingga mempunyai antibodi terhadap PMK,” kata Serda Lendi Piter Sirimba.

Penyakit mulut dan kuku atau biasa disebut PMK pada hewan ternak kerap dijumpai akhir-akhir ini. Penyakit ini disebabkan oleh virus yang bersifat merusak jaringan sel. Kerugian dari dampak penyakit ini bukan hanya dirasakan oleh peternak, namun juga dapat dirasakan oleh masyarakat luas.

“Jadi apabila mengetahui gejala-gejala PMK para pemiliknya harus cepat melaporkan kepada pihak terkait sehingga sapi yang dimiliki tidak menularkan kepada yang lainnya,” jelasnya.

Cara mengatasi penyakit PMK pada sapi adalah dengan pemberian obat antibiotik, antipiretik dan vitamin. Namun ketersediaan obat-obat penyakit PMK pada sapi sangat terbatas seiring merebaknya kasus pada hewan ternak tersebut. Sehingga diperlukan pengobatan dan cara alternatif untuk mengatasi penyakit PMK nya.

Untuk diketahui dalam pengecekan terhadap hewan peliharaan tersebut, sapi dalam keadaan sehat dan tidak ada ditemukan gejala PMK.