Home Riau INHIL Serda M Pasaribu Babinsa Koramil 02/TM Bersama Warga Terus Gencarkan Patroli Antisipasi Karhutla 

Serda M Pasaribu Babinsa Koramil 02/TM Bersama Warga Terus Gencarkan Patroli Antisipasi Karhutla 

0
Serda M Pasaribu Babinsa Koramil 02/TM Bersama Warga Terus Gencarkan Patroli Antisipasi Karhutla 

Enok — Bintara Pembina Desa (Babinsa) Komando Rayon Militer (Koramil) 02/Tanah Merah (TM). jajaran Kodim 0314/Inhil Serda Marhalim Pasaribu melaksanakan kegiatan patroli dan sosialisasi Karhutla di kelurahan Pusaran kecamatan Enok kabupaten Indragiri Hilir.

 

Saat dikonfirmasi awak media melalui telepon selulernya, Serda M Pasaribu mengatakan Kegiatan patroli Karhutla merupakan salah satu cara babinsa untuk memastikan wilayah binaan tidak ada ditemukan titik api.

 

“Bersama dengan 2 masyarakat peduli api (MPA) saya melaksanakan kegiatan patroli Karhutla di titik koordinat 0,53793”S, 103,14792, 7,5m, 288° “E area perkebunan kelapa masyarakat,” ungkap Serda M Pasaribu, kepada awak media Rabu (29/3/2023) .

 

Selama dalam perjalanan menuju lokasi titik rawan sering terjadi kebakaran lahan masyarakat Serda M Pasaribu mengatakan saat ini musim panas jadi sangat rawan terjadinya kebakaran lahan perkebunan kelapa masyarakat.

 

“Saat ini musim panas, api sangat cepat tersebar, dikarenakan rumput-rumput kering, jadi kita rutin patroli untuk mencegah terjadinya kebakaran lahan,” ungkapnya.

 

Dengan rutin melaksanakan kegiatan patroli Karhutla, sehingga dapat mencegah dini terjadinya kebakaran lahan masyarakat yang sengaja dibakar untuk membuka lahan pertanian.

 

“Lebih baik kita cegah dini Karhutla, dari pada nantinya dapat menimbulkan bencana kabut asap, dan sangat menggangu saluran pernapasan untuk masyarakat di sini,” jelas Babinsa.

 

Kendati demikian, dalam melaksanakan patroli Babinsa juga saat menemukan warga dalam rute patroli, mensosialisasikan kepada masyarakat agar tidak melakukan membakar lahan saat membuka lahan-lahan pertanian.