Kateman — Untuk menjaga wilayah desa binaan terhindar marabahaya kebakaran hutan maupun lahan pertanian, Praka Raja Oloan Sihotang melaksanakan patroli gabungan bersama dengan warga masyarakat di desa Tunggal Rahayu jaya, kecamatan Teluk Belengkong, kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Jum’at (21/4/2023) pagi.

 

Kegiatan patroli antisipasi terhadap kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) tersebut yang dilaksanakan oleh Praka Raja Oloan Sihotang bersama warga binaan di wilayah desa Tunggal Rahayu jaya, menyasar perkebunan masyarakat.

 

“Hari ini kami menyasar perkebunan di wilayah desa Tunggal Rahayu Jaya  karena di sini daerah paling rawan terjadinya kebakaran lahan masyarakat,” ungkap Praka Raja Oloan Sihotang kepada awak media.

 

Kendati demikian, dia juga menjelaskan selain melakukan patroli dirinya juga mengajak masyarakat untuk bersama-sama menjaga wilayah terhindar dari Karhutla dengan memberikan sosialisasi bahayanya kebakaran lahan-lahan karena itu bisa menjadi dampak musibah.

 

“Dampak musibah yang terjadi pertama pencemaran lingkungan udara kita, terancam Kesehatan dan rusaknya perkebunan masyarakat, jadi sangat jelas buruknya kalau kita mencoba membuka lahan-lahan pertanian dengan cara membakar,” tegasnya.

 

Dia juga berharap kepada masyarakat di wilayah binaan desa Tunggal Rahayu jaya untuk bersama-sama mendukung pemerintah dalam mencegah kebakaran.

 

“Ayo kita bersama-sama menjaga wilayah kita terbatas dari kebakaran hutan maupun lahan-lahan pertanian masyarakat yang ada di sini, dengan selogan Stop Karhutla,” tutupnya.