Longsor-di-Karimun

Kundur News – KARIMUN – Areal hutan lindung yang merupakan tebing terjal bersebelahan dengan Jalan A Yani satu jalur mengalami longsor. Beruntung tidak ada korban jiwa dan hanya merubuhkan satu unit kios persis dibawah tebing di Kelurahan Tanjungbalai Kecamatan Karimun, Selasa (27/6).

Kejadian longsor itu berlangsung sekitar pukul 08.00 WIB pagi hari, beberapa saat setelah terjadinya hujan lebat di Karimun pada subuh hari. Beruntung longsor tersebut tidak menutupi badan jalan, sehingga masih dapat dilintasi oleh para pengendara.

Lokasi longsor itu pun langsung ditinjau oleh Wakil Bupati Karimun Anwar Hasyim tadi siang bersama jajaran dari Polres Karimun dan Polsek Urban Tanjungbalai Karimun. Untuk memastikan sejauh mana tingkat kerawanan dan keamanan jalur lalulintas tersebut.

Menurut Anwar Hasyim lokasi tersebut perlu diwasapadai karena kerap terjadi longsor meski bukan pada titik yang sama. Apa lagi saat musim hujan sehingga membuat tanah pada bagian tebing rawan tergerus air hujan yang mengakibatkan longsor.

“Masyarakat harus hati-hati saat melintas apa lagi saat cuaca sedang hujan,” katanya.

Puing-puing longsor dan kios yang dihantam oleh longsor langsung dibersihkan dan dibuang.

Sementara, salah seorang saksi mata, Mustafa (56) menuturkan, longsor yang terjadi pagi itu datang dengan suara yang cukup keras, batu miring penahan tebing ambruk dan lonsor kearah jalan, namun tak sampai menutupi badan jalan.*