Kundurnews – Telkomsel mengenalkan inovasi terbarunya yakni teknologi Machine to Machine (M2M). Inovasinya itu mereka sebut dengan T-Drive.

T-Drive ini merupakan aplikasi M2M yang dirancang untuk bidang otomotif dan dapat digunakan untuk menganalisa driving performance, real time engine data, memberikan alert (peringatan), serta mengedukasi pelanggan.

Menurut General Manager M2M Product Development Telkomsel, Alfian Manullang, produk T-Drive ini ditujukan sebagai pendamping atau ‘asisten’ pengendara. Inovasi terbaru Telkomsel ini pun mampu menunjukkan detail lokasi.

“Tak hanya itu saja fitur utamanya. Ada juga aplikasi itu bisa mengevaluasi perilaku pengemudi di setiap kejadian seperti pengereman mendadak, akselerasi mendadak, belok yang tajam, sehingga lebih nyaman bagi penumpang. Kemudian pelaksaan service berkala yang tepat waktu, serta Informasi dan diagnosa mesin dan status baterai/aki,” paparnya saat di Bali.

T-Drive yang berbasis teknologi OBD II dengan support Android dan iOS ini diklaim dapat memberikan manfaat kepada pelanggan ketika melakukan perjalanan. Selain digunakan melalui aplikasi, ada alat seperti USB yang dicolok bagian bawah dashboard.

“T-Drive ini dikembangkan selama hampir dua tahun. Makanya mapping lokasi bener-bener presisi sekali,” ujarnya.

Kendati begitu, belum disebutkan berapa harga alat ini saat dijual ke pasaran. Maklum, model bisnis untuk teknologi ini masih B2B2C. Model bisnis ini gampangnya, Telkomsel melakukan penjajakan lewat dealer, baru dari dealer yang akan meneruskannya ke konsumen. Alfian juga mengungkapkan sudah MoU dengan satu dealer.

“Saat ini kita sudah mau MoU dengan satu dealer, nanti akan dikabari lebih lanjut,” singkatnya.

+

+
Sumber : Merdeka.com