ternyata-bukan-hanya-gula-penyebab-gigi-berlubang

 

Selama ini sudah umum untuk melarang makan makanan yang manis agar tidak sakit gigi atau mengalami gigi berlubang. Namun benarkah makanan manis yang menyebabkan gigi berlubang? Jawabannya bisa iya dan tidak. Makan makanan manis atau makanan yang mengandung banyak gula bukan satu-satunya penyebab gigi berlubang. Hal yang paling umum dan menyebabkan gigi berlubang adalah bakteri dalam mulut. Meski tak semua bakteri buruk, namun beberapa bisa menyebabkan gigi rusak.

Lantas, apa yang menyebabkan gigi berlubang jika bukan gula? Penyebabnya adalah plak yang terbentuk dalam mulut. Ketika mulut tak dibersihkan dengan baik, bakteri akan membentuk lapisan plak pada gigi. Lapisan ini harus dibersihkan secara teratur, karena jika tidak akan mengeras dan menyebabkan semakin banyak bakteri ‘bermukim’ di gigi Anda.

Jika ada banyak bakteri yang hidup di sana, akan semakin tinggi kemungkinan gigi berlubang atau rusak. Plak juga menumpuk jika Anda jarang menggosok gigi dan melakukan flossing secara teratur. Gigi yang tak digosok teratur akan menjadi tempat yang baik untuk tumbuhnya bakteri dan kuman, seperti dilansir oleh Health Site (26/12).

Banyak orang yang tak menyadari mereka mengalami gigi berlubang jika gigi tak terasa sakit. Seringkali lubang terbentuk sangat kecil pada mulanya. Jika dibiarkan, bakteri akan masuk hingga ke dalam dan menginfeksi bagian gigi yang memiliki saraf. Saat itulah gigi terasa sakit dan Anda baru menyadari bahwa gigi berlubang.

Sekarang Anda mengetahui bahwa lubang gigi tak hanya disebabkan oleh makan makanan manis, namun juga disebabkan oleh plak dan kebiasaan buruk dengan tidak menjaga kebersihan gigi dan mulut. Untuk mencegahnya, Anda bisa melakukan beberapa langkah ini:

– Gosok gigi minimal dua kali sehari, saat bangun tidur dan sebelum tidur, dan
– Melakukan flossing pada gigi setelah makan. Ini akan membantu mengeluarkan makanan yang tersangkut dalam gigi dan mencegah terbentuknya plak.

Ada cara lain yang bisa dilakukan untuk mencegah gigi berlubang, yaitu dengan berkumur dengan air putih setelah makan. Makan buah seperti pir dan apel juga membantu Anda menjaga kesehatan gigi.

 

(merdeka.com) http://www.merdeka.com/sehat/ternyata-bukan-hanya-gula-penyebab-gigi-berlubang.html