Home Featured Tips Cara Alami Mengecilkan Pori-Pori Di Wajah

Tips Cara Alami Mengecilkan Pori-Pori Di Wajah

0
Tips Cara Alami Mengecilkan Pori-Pori Di Wajah

Kundur News.

Sebelum anda mencoba cara mengecilkan pori-pori wajah yang besar, terlebih dahulu anda harus  mengetahui apa yang menyebabkan pori-pori kulit membesar. Ini penting untuk dipahami karena banyak orang tidak benar-benar bisa mengecilkan ukuran pori-pori, namun hanya bisa membuatnya terlihat lebih kecil. Seiring dengan bertambahnya usia, pori-pori kulit umumnya akan membesar karena penurunan elastisitas pada kulit.

Ukuran pori-pori wajah yang besar memang cukup mengganggu, karena akan mengurangi keindahan kulit wajah dan membuatnya terlihat tidak halus dan kusam, sehingga anda mungkin perlu untuk membaca artikel sebelumnya mengenai cara menghaluskan kulit wajah. Biasanya pori-pori yang membesar terlihat lebih jelas pada area hidung, dahi, dan dagu. Dan walaupun tidak ada metode untuk mengecilkan ukuran pori-pori secara permanen, namun anda dapat mengurangi munculnya pori-pori besar pada kulit anda.

cara untuk mengecilkan pori-pori wajah
Penyebab Pori-Pori Kulit Membesar
  1. Faktor genetika dipercaya memberikan andil yang cukup besar dalam menentukan ukuran pori-pori, dan sayangnya tidak ada hal yang dapat dilakukan untuk mengatasi faktor tersebut.
  2. Produksi minyak alami pada kulit juga diketahui turut menentukan ukuran pori-pori. Secara alami tubuh memang menghasilkan sebum (minyak kulit) untuk mencegah kulit menjadi kering.
  3. Jika anda memiliki jenis kulit yang sangat berminyak, maka kotoran akan mudah menempel dan mengendap dalam pori-pori. Hal ini akan membuat pori-pori membengkak dan meregang.
Beberapa Hal Yang Menyebabkan Pori-Pori Membesar
  • Penyumbatan pada pori-pori yang disebabkan oleh kotoran atau kosmetik
  • Pemakaian kosmetik yang salah dalam jangka waktu tertentu
  • Produksi minyak yang berlebihan pada wajah
  • Kurang baik dalam menjaga kebersihan kulit wajah
Cara Mengecilkan Pori-Pori Wajah Secara Alami

1. Es Batu
Perawatan kulit ini sangat mudah, cukup bungkus es batu dengan kain katun, lalu gosokkan secara lembut dan merata ke wajah. Es batu akan membantu mengencangkan pori-pori anda. Selain itu, perawatan ini juga bermanfaat untuk menjaga produksi sebum (kelenjar minyak) tetap normal. Lakukan ini setiap pagi secara rutin.

2. Madu

Madu juga membantu mengecilkan pori-pori dan mengatasi masalah kulit berminyak penyebab pembesaran pori-pori. Buat ramuan masker madu dengan cara mencampurkan 2-3 sendok makan madu dengan sedikit jus lemon. Oleskan secara merata di wajah, pijat perlahan selama beberapa menit, diamkan selama 5 menit, lalu bilas dengan air hangat hingga bersih.

3. Jus Tomat
Jus tomat sangat baik untuk digunakan sebagai masker wajah dan akan membantu mengecilkan pori-pori. Oleskan jus tomat pada wajah secara merata, diamkan selama 20 menit, lalu bilas dengan air hangat. Lakukan perawatan ini tiga kali seminggu untuk mendapatkan hasil yang sempurna.

4. Jus Mentimun
Mentimun sangat sering disarankan dalam berbagai tips perawatan kulit dan diakui ampuh dalam mengatasi beberapa masalah kulit, termasuk untuk mengatasi masalah pori-pori besar. Jus mentimun dapat digunakan sebagai masker atau diminum untuk menghilangkan racun pada tubuh. Jika ingin menggunakannya sebagai masker, campur jus mentimun dengan sedikit garam, kemudian oleskan ke wajah, diamkan selama beberapa menit, dan bilas dengan air bersih.

5. Oatmeal
Campurkan 5 sendok makan madu dan dua sendok makan oatmeal dengan 2 sendok makan susu bubuk murni, lalu aduk hingga tercampur merata. Oleskan masker ini secara merata pada wajah sambil diberi pijatan ringan dengan gerakan memutar. Setelah selesai, bilas dengan air sampai bersih. Lakukan perawatan ini secara teratur pada wajah anda minimal 2 kali seminggu.

Tips Untuk Kecilkan Pori-Pori Kulit
  1. Bersihkan make-up setiap malam dengan benar. Tidak peduli seberapa lelah, anda tidak boleh langsung ke tempat tidur tanpa membersihkannya terlebih dahulu. Hal ini juga tetap berlaku walaupun anda tidak memakai make-up lengkap (hanya mengenakan pelembab, bedak tipis, dan lipstik), anda tetap harus meluangkan waktu untuk membersihkan wajah dengan pembersih. Gunanya tentu untuk menghilangkan kotoran dan minyak pada kulit secara bersmaan.
  2. Cuci wajah anda dengan sabun yang mengandung asam salisilat. Bahan ini akan membantu menghancurkan minyak dan kotoran yang menyumbat pori-pori anda, dan juga membantu memperbaiki permukaan kulit anda.
  3. Gunakan pelembab yang tidak mengandung minyak, serta tidak menyebabkan alergi. Asam salisilat mungkin akan menyebabkan iritasi pada beberapa jenis kulit tertentu. Karena itu anda harus mengkombinasikannya dengan pelembab yang lembut.
  4. Gunakan tabir surya setiap hari. Mungkin banyak dari anda yang tidak menyadari bahwa sinar matahari dapat merusak kulit. Paparan sinar uv dari matahari akan merusak lapisan-lapisan kolagen yang dibutuhkan untuk membuat kulit anda tampak halus. Selain itu, berada di luar ruangan tanpa perlindungan tabir surya juga akan membuat ketiga langkah yang anda lakukan sebelumnya menjadi percuma.
  5. Jika merasa perlu, anda bisa melakukan perawatan kulit intensif. Ahli dermatologi memiliki rangkaian perawatan khusus bagi anda yang memiliki masalah kulit tertentu. Namun jadilah konsumen yang cerdas dengan hanya memilih perawatan yang tidak memiliki efek samping berbahaya.

* Sumber : Cara Terbaru blogspot