Tips remaja yang mau jadi penyiar radio

Kundur News

Pendiri sekolah public speaking, Choky Sitohang Speaking Incorporation (ChoSSI) membagikan beberapa kunci jika mau menjadi seorang penyiar radio yang baik. Berdasarkan pengalamannya sebagai penyiar Radio Oz Bandung, Choky berbagi pengalamannya dalam sebuah buku berjudul Turn On The Radio ‘Kisah Sukses Para Penyiar Favoritmu’ karya Aprillia Ramadhina terbitan Bukune 2015.

Choky mengatakan kalau mau menjadi seorang penyiar radio baikharus jadi orang yang talk active. Yang rajin ngoceh dan ekspresif mengungkapkan apa yang ada di pikiran dan hati sendiri.

“Jangan terlalu berpatokan dengan kualitas suara karena sekarang orang cadel pun sudah dapat tempat. Yang penting adalah karakter,” kata Choky.

Choky menambahkan ketika tengah membawakan suatu program usaha dengan gaya sendiri. Choky menyarankan miliki gaya sendiri jika ingin jadi seorang penyiar handal.

“Kalau kamu punya air personality, ketika orang dengar suara kamu, orang udah bisa tahu siapa yang sedang siaran,” ujar Choky.

Ia mengambil contoh suara rekannya Indy Barends dan Rico Ceper. Mereka itu dikenal dari karakternya.

“Itu air personality, dan itu dibentuk nggak spontan. Memang jadi tugas trainer radio tapi penyiar sendirilah yang menemukan gregetnya,” pesannya.

Terakhir buka wawasan seluas-luasnya. Menurut Choky, semakin membuka luas wawasan seorang penyiar semakin terlihat cerdas.

“Bukan terlihat smart karena kalai cuma terlihat, itu nggak natural tapi dibuat-buat,” pungkas dia.

 

 

merdeka.com