Kundurnews – Pada proses penyembuhan kanker payudara, ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya dihindari agar sel kanker yang sudah dimatikan itu tak tumbuh kembali. Minimal membantu mencegah pertumbuhannya menjadi lebih pesat, jika proses pengobatan belum usai.

Berikut ini beberapa jenis makanan yang dapat meningkatkan risiko penyakit itu bertambah parah:

Kangkung, sawi putih, cabai, kecambah

Sayuran di atas mengandung zat yang dapat mengurangi kerja obat kanker. Kecambah malah menambah pesat pertumbuhan kanker payudara, sama seperti cabai. Anjurannya adalah makan sayur brokoli dan sayur hijau lainnya kecuali yang disebut di awal.

Durian, kelengkeng, nangka

Terkandung sejenis alkohol pada buah di atas, yang memacu tumbuhnya sel kanker payudara. Hindari lebih baik untuk kesembuhan yang lebih maksimal. Disarankan untuk konsumsi buah blueberry segar, juga labu kuning.

Daging berlemak

Makanan dengan lemak tinggi sebaiknya dihindari. Apalagi daging olahan semacam daging sapi, kambing, dan kerbau serta babi.

Kerang, kepiting, cumi

Beberapa jenis seafood di atas baiknya dijauhi sampai Anda sembuh benar. Apalagi ikan asin, dan terasi serta ikan yang diawetkan lainnya.

Susu berlemak

Olahan susu yang kaya lemak pun baiknya dijauhi dulu, termasuk keju. Esterogen atau lemak susu bisa memicu kanker terkait dengan hormon. Perlu dicatat, kanker payudara adalah kanker yang terkait dengan kondisi hormon.

Sebagai pengganti susu, bisa sesekali Anda konsumsi susu kedelai yang kaya isoflavon. Itu baik untuk kesehatan Anda. Semoga bermanfaat.*

 

(sidomi)